alexametrics

Konsumsi Makanan Mengandung Omega-3 Bisa Cegah Penyakit Jantung

7 Juni 2021, 14:19:26 WIB

JawaPos.com – Menjaga kesehatan jantung bisa diintervensi lewat asupan gizi yang dikonsumsi. Salah satunya makanan dengan kandungan Omega-3, yang merupakan asam lemak baik.

Nutrition Expert YOUVIT Puteri Aisyaffa, S.Gz, RD menjelaskan, kandungan omega-3 membantu meningkatkan kelancaran aliran darah di otak. Sehingga mengatasi gejala depresi dan kecemasan, memperbaiki mood, dan mengurangi resiko munculnya demensia (pikun). Omega-3 juga membantu melancarkan peredaran darah di jantung sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, omega-3 mempertahankan kesehatan sel tubuh, sehingga dapat mencegah munculnya penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes, dan obesitas. Menurut Puteri, konsumsi omega-3 secara rutin pada kenyataannya dibutuhkan sejak dini oleh orang dewasa muda.

Hal ini dikarenakan tingkat stres pada usia muda mencapai 60 persen dari populasi usia 18-24 tahun. Selain itu, dari seluruh pasien dewasa muda berusia di bawah 55 tahun yang dirawat di rumah sakit, ditemukan adanya prevalensi penyakit jantung sebesar 23 persen.

“Selain untuk dewasa muda, Omega-3 pun tidak kalah penting bagi pertumbuhan anak,” katanya dalam keterangan tertulis YOUVIT baru-baru ini.

Jurnal dalam PubMed mengungkapkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati pada anak-anak. Sebagai asam lemak baik, sebanyak lebih dari 40 persen kandungan pada omega-3 memang digunakan sebagai unsur penyusun dinding sel neuron yang terdapat di otak.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads