alexametrics

5 Panduan WHO Agar Tetap Aman dalam Menyantap Makanan di Era Covid-19

7 Juni 2020, 11:49:21 WIB

JawaPos.com – Ada kekhawatiran yang meningkat tentang keamanan makanan karena timbulnya pandemi Covid-19. Selama wabah muncul, masyarakat dilarang makan di tempat. Membeli makanan dari luar untuk dibungkus pun harus berhati-hati.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan makanan yang tidak aman secara umum dapat menyebabkan lebih dari 200 penyakit. Menurut WHO, 1 dari 10 orang jatuh sakit setiap tahun akibat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Dan 4,2 juta meninggal setiap tahun sebagai akibatnya di seluruh dunia.

Dilansir dari NDTV, Minggu (7/6), WHO telah membagikan lima kunci untuk makanan yang lebih aman. Pada Hari Keamanan Pangan Sedunia, hari ini, Minggu (7/6), ada lima praktik keamanan makanan yang dapat dipastikan untuk dilakukan di rumah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tertular infeksi atau penyakit melalui makanan.

1. Tetap Bersih

Sebelum kita memasuki dapur, sangat penting untuk mencuci tangan dan memastikan kebersihan dan kebersihan setiap saat saat memasak.

2. Pisahkan Makanan Mentah dan Dimasak

Sebaiknya menyimpan makanan mentah dalam wadah yang berbeda berhadapan dengan yang dimasak. Ini akan mencegah risiko kontaminasi untuk salah satu dari keduanya.

3. Masak sampai matang

Makanan harus dimasak dengan matang dan benar sebelum disajikan. Tujuannya untuk membunuh kuman dan meningkatkan nutrisi

4. Simpan makanan pada suhu yang aman

Berbagai jenis makanan perlu disimpan secara berbeda, baik lokasi maupun suhu. Pastikan Anda mengikuti praktik ini untuk memastikan keamanan makanan.

5. Gunakan air yang aman dan bahan baku yang aman

Gunakan air yang aman dan bahan baku setiap saat. Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) mengimbau sangat penting untuk menjaga standar keamanan pangan yang baik pada semua tahap proses memasak.
Kepastian utama seputar keamanan pangan di era Covid-19, juga membuat Keamanan Pangan dan Otoritas Standar India (FSSAI) ikut mengeluarkan jaminan.

“Tidak ada bukti ilmiah yang mengindikasikan transmisi Covid-19 melalui makanan,” kata organisasi itu di akun Twitter mereka.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads