alexametrics

Vitamin D yang Cukup dapat Menghalau Penyakit Infeksi Saluran Nafas?

7 April 2020, 08:00:30 WIB

JawaPos.com – Mengapa harus vitamin D yang kita pastikan statusnya optimal di dalam tubuh? Ya, seperti yang telah diketahui Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang berfungsi sangat luas, dahulu mungkin hanya diketahui berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang namun semakin maju ilmu pengetahuan, manfaat luas vitamin D semakin banyak diketahui terutama fungsinya sebagai imunomodulator yang mampu meningkatkan kerja dari sistem imun bawaan kita.

Peranan Vitamin D ini juga sangat penting pada sistem pernafasan terutama untuk mencegah terjadinya penyakit pneumonia komunitas dapatan atau yang dikenal dengan Community-acquired pneumonia (CAP) seperti yang saat ini sedang pandemik.

Status vitamin D yang optimal dapat meningkatkan produksi protein anti mikroba dalam tubuh yang mampu memproteksi diri dari bakteri, jamur dan virus. Selain itu fungsi vitamin D mampu melindungi dari cedera fungsi paru-paru dan meningkatkan pembersihan saluran pernafasan secara alami.

Namun sayangnya, status kekurangan vitamin D ini sangat umum terjadi di dunia, bahkan di Indonesia yang terkenal dengan daerah tropis angka kekurangan vitamin D cukup tinggi yaitu lebih dari 95%. Salah satu yang mempengaruhi adalah faktor genetik, variasi genetik orang di Indonesia umumnya menyebabkan gangguan metabolisme dalam mensintesis vitamin D didalam tubuh, sehingga vitamin D dalam tubuh cenderung rendah.

Oleh karena itu, pentingnya kita memastikan kecukupan status vitamin D kita dengan memeriksakan status vitamin D yang diukur dengan pemeriksaan Vitamin-25 (OH)D Total yang merupakan bentuk umum dari vitamin D yang bersirkulasi di dalam tubuh yang dengan jelas menggambarkan kecukupan vitamin D kita. Anda dapat melakukan pemeriksaan tersebut di Prodia, laboratorium klinik terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Pastikan status vitamin D yang optimal di dalam tubuh, dengan nilai diatas 30 ng/mL untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang optimal pula. Daya tahan tubuh yang optimal membantu tubuh dalam melindungi diri dari infeksi virus terutama yang saat ini sedang menjadi pandemik darurat di dunia.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



Close Ads