2 Gejala Baru Kena Omicron, Muntah dan Hilang Nafsu Makan

7 Januari 2022, 11:57:19 WIB

JawaPos.com – Meski gejala Covid-19 varian Omicron sejauh ini disebut ringan, tidak terinfeksi sama sekali jelas merupakan opsi yang terbaik. Baru-baru ini, dilaporkan muncul dua gejala baru dari penderita varian Omicron.

Sesuai keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian Covid-19 ini terus menimbulkan risiko sangat tinggi bagi populasi umum dan dapat membanjiri sistem perawatan kesehatan. Varian Omicron sebelumnya dilaporkan dapat menyebabkan gejala seperti pilek, sakit kepala, sakit tenggorokan, lelah, dan sering bersin.

Kepala aplikasi studi ZOE Covid Inggris, Profesor Tim Spector mendesak semua orang yang menderita gejala seperti pilek untuk segera dites. Selain itu, ia menyoroti bahwa gejala seperti demam, batuk, dan kehilangan penciuman sekarang menjadi gejala yang tak terlalu sering dikeluhkan.

“Kebanyakan orang tidak memiliki gejala klasik,” katanya seperti dilansir dari Times of India, Jumat (7/1).

 

Mual Muntah dan Hilang Nafsu Makan

 

Menurut Profesor Spector, varian Omicron menyebabkan gejala yang lebih ringan. Hanya saja belakangan muncul gejala baru seperti mual muntah dan hilang nafsu makan.

“Tidak sedikit dari mereka yang mengalami mual, demam ringan, sakit tenggorokan, dan sakit kepala,” katanya.

Aplikasi studi ZOE Covid baru-baru ini mencatat dua gejala Omicron paling tidak biasa yang mungkin belum pernah Anda dengar. Yakni muntah dan kehilangan selera makan.

“Dua gejala ini bisa muncul pada orang yang sudah divaksin lengkap dan mereka yang telah menerima booster,” katanya.

Ia menegaskan, jika seseorang jatuh sakit dan mengalami salah satu gejala yang disebutkan, periksakan diri sesegera mungkin. Ingatlah untuk mengisolasi diri sampai hasilnya keluar sebagai ‘negatif’. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan mengisolasi setidaknya 10 hari setelah timbulnya gejala.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads