alexametrics

Ingin Remisi dan Stop Minum Obat, Ini Tips bagi Pasien Diabetes

6 Desember 2021, 09:24:14 WIB

JawaPos.com – Pasien diabetes tipe 2 seringkali dikatakan sulit untuk disembuhkan dan harus minum obat seumur hidup akibat pola hidup tak sehat. Rupanya, sebanyak 5 persen pasien diabetes tipe 2 terbukti remisi atau berhasil mengendalikan gula darah dan stop minum obat selama satu tahun. Bagaimana caranya?

Dalam penelitian terbaru, perubahan gaya hidup dapat membantu lima persen orang untuk membalikkan kondisi diabetes tipe 2. Mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dapat menyebabkan 1 dari 20 orang membalikkan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 menyebabkan komplikasi, hilangnya penglihatan, luka kaki diabetes, hingga stroke. Studi baru-baru ini memeriksa catatan medis dari hampir semua orang di Skotlandia yang didiagnosis dengan diabetes tipe 2 hingga 2019. Mereka mempelajari catatan 162 ribu orang berusia di atas 30 tahun dan menemukan bahwa hampir lima persen (7.710 orang) mencapai remisi atau berhasil mengendalikan gula darah.

Kurangi Karbohidrat

Program rendah karbohidrat dan manajemen berat badan untuk menghindari obesitas adalah cara terbaik. Remisi didefinisikan sebagai mempertahankan tingkat gula darah normal selama minimal satu tahun tanpa minum obat.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads