alexametrics

Batasi Asupan Kalori Per Hari, Ini Solusinya

6 November 2019, 13:58:47 WIB

JawaPos.com – Setiap orang harus mengetahui batasan asupan konsumsi hariannya. Kebutuhan kalori seseorang per hari umumnya adalah 1800 kkal sampai 2000 kkal. Jika berlebihan, maka akan tersimpan menjadi lemak dan menimbulkan obesitas atau kegemukan.

Pakar dietisien, Geetruida D. Rory menjelaskan orang yang gemuk bisa mengonsumsi asupan sampai 4.000 kalori per hari atau melebihi batas 2 kali lipat dari batas toleransi. Bayangkan saja, 1 kue pastry bisa mengandung 250 kalori. Orang yang gemuk bisa menghabiskan 4 kue atau donat yang artinya sudah memakan setengah batas normal.

“Orang overwheight bisa konsumsi sampai 4.000 kalori per hari. Sehari makan roti pastry bisa 4-6 snack sudah 1.200 sehari. Bisa sampai 4.000 kalau sama makaj 3 kali sehari. Normalnya kan 2.000 tertinggi,” kata Geetruida.

Dari pengalaman Geetruida, dia pernah menurunkan berat badan pasien obesitas yang mencapai 125 kilogram menjadi 85 kilogram dalam kurun waktu satu setengah tahun.

Maka dia memberikan sejumlah tips bagi siapapun yang ingin diet. Kuncinya sederhana, dimulai dari niat.

“Niat dulu. Saya melihat banyak pasien saya asal punya niat itu bisa turun. Lalu buat komitmen bersama, evaluasi bersama. Saya targetkan dalam 1 bulan pertama turun 10 persen dari berat badan aktual selama 6 bulan,” ujarnya.

Maka, Geetruida menyarankan pasien obesitas untuk menyesuaikan kalori dengan asupan yang dipilih. Di tahap-tahap awal agar perut tak merasa lapar dan tersiksa, dia menyarankan pasien lebih banyak mengonsumsi buah.

“Betul memang buah lebih tinggi gulanya daripada sayur. Tapi kalau sayur kita paksa pada yang obesitas, mungkin secara psikologis masih amat sangat lapar. Kalau taste pada buah kan bikin happy. Makan apel 1 lalu anggur 12 butir itu kan hanya 100 kkal. Dibandingkan roti, mending buah,” jelasnya.

Cemilan sebaiknya juga diselingi dengan buah. Idealnya 3 jam setelah makan. Misalnya jam 11 siang dan jam 4 sore. “Lalu harus imbangi dengan olahraga. Yang ingin diet sebenarnya bisa terbantu,” tutupnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads