alexametrics

3 Resep Minuman Herbal Kapulaga untuk Atasi Pilek Hingga Diabetes

6 November 2019, 09:18:09 WIB

JawaPos.com – Salah satu bumbu dapur yang khas dalam masakan Timur Tengah atau India adalah kapulaga. Aroma yang menyegarkan dengan rasa mint manis, memberikan rasa yang khas. Tapi, kapulaga tak hanya menambah rasa gurih pada nasi biryani, tetapi juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Salah satunya dengan mengolah kapulaga sebagai minuman. Kapulaga bisa direbus dan dimimum airnya untuk mengambil manfaatnya bagi kesehatan.

Dilansir dari NDTV, Rabu (6/11), faktanya, kapulaga dikenal dapat meringankan infeksi umum seperti pilek dan batuk. Itu karena kapulaga kaya dengan sifat antioksidan dan antibiotik.

Bahkan, kapulaga juga dikenal bisa membantu penurunan berat badan dan membantu dalam mengatasi beberapa gejala depresi hingga tekanan darah tinggi. Minum air rebusan kapulaga atau teh kapulaga juga dapat membantu dalam menangani diabetes.

Kapulaga dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu cara mendapatkan manfaat kapulaga adalah dijadikan minuman. (YouTube)

Beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan tentang manfaat kapulaga menunjukkan bahwa sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan hipolipidemik yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dalam laman Medical News Today, Pakar Farmasi Alan Carter dari University of Missouri–Kansas City School of Pharmacy menjelaskan, kapulaga mengandung phytochemical yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri.

Dalam temuan para peneliti menunjukkan bahwa kapulaga memang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Meskipun penelitian ini menjanjikan, penelitian pada manusia masih diperlukan uji coba lebih lanjut. Jadi, kalau Anda ingin mencobanya, silakan konsultasikan terlebih dulu dengan praktisi kesehatan.

Berikut tiga cara membuat minuman kapulaga yang dianggap menyehatkan.

1. Susu dengan Kapulaga

Hancurkan 2 buah kapulaga dan masukkan ke dalam air mendidih. Kemudian tambahkan daun teh dan susu. Jika ingin menambahkan jahe khasiatnya akan lebih bagus. Anda dapat menambahkan pemanis alami seperti madu. Sebelum mencoba, tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Lada dengan Kapulaga

Tambahkan 2 buah kapulaga, 2 polong cengkeh, 2 merica, dan setengah inci batang kayu manis ke dalam air mendidih. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama setengah jam. Saring airnya.

3. Teh Hitam dengan Kapulaga

Rebus 2 buah kapulaga dan dalam air mendidih. Tambahkan daun teh atau 1 kantong teh hitam dan biarkan mendidih. Saring dan minumlah.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads