alexametrics

Cacar Monyet Mudah Dikenali Secara Kasat Mata, Muncul Ruam di Wajah

6 Agustus 2022, 14:13:50 WIB

JawaPos.com – Seseorang yang mengalami cacar monyet umumnya dapat dikenali ketika sudah melalui masa inkubasi 21 hari. Tandanya terlihat lewat kasat mata yakni munculnya ruam atau bintil berisi nanah pada wajah.

Hal itu diungkapkan Ketua Satgas Monkeypox PB IDI yang juga Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Hanny Nilasari, SpKK. Hanny mengatakan gejala cacar monyet secara kasat mata bisa terlihat dari bercak ruam di permukaan kulit, diikuti bintik atau benjolan berisi cairan nanah. Gejala awal yang paling banyak dikeluhkan adalah demam, sakit kepala, rasa tidak enak di tenggorokan, dan ada kelainan di kulit.

“Monkeypox ini umumnya 95 persen lebih menyerang wajah. Lalu diikuti di batang tubuh seperti. Lengan perut badan punggung dan telapak tangan dan mukosa. Atau sekitar dalam mulut dan area genital lain,” kata dr. Hanny dalam webinar, Jumat (5/8).

Selain 95 persen manifestasi ada di wajah, ada pula lokasi ruam lainnya yang dialami pasien. Misalnya di telapak tangan dan kaki 75 persen, di jaringan mulut, mata ada 70 persen, di alat kelamin 30 persen, dan di selaput lendir mata 20 persen.

“Ruamnya jelas ada peninggian di atas permukaan kulit, bintil, dan lenting yang bernanah,” katanya.

Pada sejumlah periode tertentu umumnya terjadi penurunan berupa lubang pada permukaan kulit. Lubangnya pun agak dalam berupa bekas jerawat dengan warna kulit di sekitar lubang berubah menjadi gelap.

“Akan tetapi sekali lagi, itu semua tergantung imun tubuh seseorang. Jika daya tahan tubuhnya baik, ruam yang muncul bisa saja tak terlalu banyak dan gejalanya ringan,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: