alexametrics

Kelebihan Garam Picu Hipertensi dan Stroke, Ini Solusi Ahli

6 Juli 2022, 05:42:12 WIB

JawaPos.com–Asupan garam berlebih bahaya bagi tubuh. Kebiasaan makan garam berlebih memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat memicu stroke serta penyakit jantung.

Berdasar studi yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO), konsumsi garam harian yang ideal adalah 5 gram setiap hari. Namun, 5 dari 10 masyarakat Indonesia mengonsumsi garam lebih dari 5 gram.

Medical Doctor dan Content Creator Kevin Mak mengungkapkan, kelebihan garam di dalam tubuh bisa menimbulkan sejumlah penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan stroke. Meski begitu, tubuh tetap memerlukan garam setiap hari. Namun, jumlahnya harus sesuai takaran.

”Apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, meningkatkan kadar gula darah, dan juga membuat stroke,” kata Kevin dalam webinar Peran Umami dalam Mewaspadai Asupan Garam Berlebih untuk Hidup Lebih Sehat yang digelar Katadata, Selasa (5/7).

Kevin menambahkan, konsumsi garam di dalam tubuh bisa dikurangi dengan penambahan Monosodium Glutamate atau MSG. MSG dapat menjaga kadar sodium atau garam rendah dan tidak membahayakan tubuh.

Dia mengutip penelitian yang dilakukan Maluly pada 2020 menyebutkan penggunaan garam dapur dengan MSG bisa menurunkan kadar natrium sebanyak 37 persen. Penelitian yang dilakukan Jeremiah dan kawan-kawan pada 2022 juga menyimpulkan, makanan sodium rendah sekitar 25 persen lebih rendah kadar garamnya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: