alexametrics

Tak Sadar Gula Darah Naik, Awas Ancaman Diabetes dan Komplikasi

5 Desember 2021, 11:37:31 WIB

JawaPos.com – Diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Pemicunya bisa mengkonsumsi minuman manis hingga makanan tinggi kalori. Sering kali orang tak sadar bahwa kadar gulanya melonjak.

Jika sudah seperti itu, waspada pre-diabetes, diabetes, dan komplikasi. Seperti pada kebutaan, ginjal, stroke, amputasi, hingga kematian.

Ketua Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI), Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD baru-baru ini mengatakan, jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat. Pada 2019 jumlah penderitanya 10,7 juta. Lalu meningkat 19,5 juta pada 2021.

“Tahun ini Indonesia menduduki peringkat kelima dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia, naik dari peringkat ketujuh di tahun 2019. Peningkatan ini sangatlah memprihatinkan,” kata Ketut Suastika.

Pernyataan itu sempat dikemukakan Ketut Suastika dalam webinar Novo Nordisk Indonesia bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), PERKENI, dan Kedutaan Besar Denmark. Dalam webinar itu ditegaskan bahwa diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Secara global diperkirakan terdapat 537 juta orang yang menderita diabetes. Dengan jumlah tersebut artinya 1 dari 10 orang di seluruh dunia hidup dengan diabetes. Angka itu diproyeksi meningkat menjadi 643 juta pada 2030. Jika tidak dilakukan tindakan intervensi, angka kasus itu bisa meningkat lagi menjadi 784 juta pada 2045.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads