src="https://cdn.geozo.com/mfel17291/ilv/0mp/30y8qh678vuq687/pky52d4.go">

Selain Ginseng, 5 Bahan Herbal Ini Bisa Stabilkan Gula Darah

5 Juli 2022, 13:36:11 WIB

JawaPos.com – Sejumlah bahan herbal atau rempah dari alam dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk membuat gula darah Anda tetap stabil.

Gula darah yang stabil agar tak berujung diabetes dapat dicapai dengan pola hidup sehat seperti kontrol asupan makanan hingga berolahraga. Salah satu bahan herbal yang dipercaya memberi manfaat untuk gula darah adalah ginseng.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (5/7), dalam laporan National Center for Complementary and Intregative Health dan PubMed Central ginseng dikaitkan untuk mencegah diabetes. Diabetes adalah suatu kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses gula darah.

Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi beberapa bukti menunjukkan ginseng mungkin menawarkan pilihan pengobatan adjuvant yang relatif aman dan murah untuk diabetes dan potensi komplikasinya.

 

Kandungan Ginseng

 

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa ramuan tersebut mungkin memiliki efek antidiabetes, seperti meningkatkan toleransi glukosa dan resistensi insulin, yang mungkin bermanfaat untuk mengelola dan mengobati diabetes tipe 2. Ginseng mengandung komponen farmakologis alami yang oleh para ahli disebut panaxosides atau ginsenosides.

Ginsenosides dapat menstabilkan insulin dan hormon glukagon untuk mempertahankan kadar glukosa. Dengan demikian, ini juga dapat membantu meningkatkan atau menunda potensi komplikasi diabetes.

 

Manfaat Ginseng untuk Diabetes

 

Ginseng dapat membantu mengelola diabetes dengan beberapa cara berbeda. Di antaranya :

1. Mengatur sekresi insulin

Ginsenosides dapat membantu pankreas memodulasi berapa banyak insulin yang dikeluarkannya, untuk mencapai kontrol glikemik yang lebih baik dan membantu seseorang mengelola kadar gula darahnya.

2. Mengatur penyerapan glukosa

Senyawa ini dapat membantu tubuh mengangkut glukosa dengan benar ke dalam sel, mencegahnya menumpuk di dalam darah. Ini juga dapat membantu orang menjaga glukosa darah tetap stabil.

3. Mengurangi peradangan

Ginsenosides dapat menurunkan resistensi insulin, yang merupakan sumber peradangan. Mengurangi peradangan dapat membantu mengelola kondisi terkait peradangan, seperti diabetes, dan mencegah komplikasi.

4. Mengurangi efek radikal bebas

Diabetes yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan produksi radikal bebas yang berlebihan, yang dapat merusak sel dan menyebabkan komplikasi. Dengan sifat antioksidannya, ginseng dapat mengurangi efek radikal bebas.
definisi

Biasanya, produk ginseng tersedia sebagai suplemen oral atau formulasi topikal. Seseorang harus membaca petunjuk pada kemasan untuk pedoman penggunaan. Sebelum menggunakan produk ginseng apa pun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

5 Herbal Lain Untuk Stabilkan Gula Darah

 

1. Kayu manis

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi glukosa puasa pada orang dengan pradiabetes dan diabetes tipe 2. Penelitian ini dimuat dalam PubMed Central (National Institutes of Health).

2. Milk thistle

Rempah ini dapat membantu dalam menurunkan kadar glukosa pada individu dengan diabetes. Namun, efek sampingnya menyebabkan kembung, diare, dan mual. Data ini termuat dalam PubMed Central (The National Institutes of Health)

3. Jahe

Beberapa bukti mencatat bahwa jahe dapat menurunkan kadar glukosa dan dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Data termuat dalam laporan Science Direct penelitian tahun 2015.

4. Pare

Sebuah studi tahun 2020 melaporkan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak pare telah mengurangi kadar glukosa darah puasa, dibandingkan dengan peserta yang menerima plasebo. Data termuat dalam laporan PubMed Central (The National Institutes of Health).

5. Lidah buaya

Menurut penelitian, lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa dan meningkatkan kadar insulin. Data termuat dalam PubMed Central (The National Institutes of Health)

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: