alexametrics

Muncul Varian Baru Omicron BA.2.75, Lebih Menular dan Mirip Delta

5 Juli 2022, 19:33:26 WIB

JawaPos.com – Sebuah subvarian baru dari Omicron yakni BA.2.75 ditemukan di India. Subvarian itu disebutkan lebih menular dan mampu menginfeksi seseorang yang pernah terinfeksi Covid-19 dan menurunkan respons antibodi. Karena itu, vaksin 2 dosis saja tak cukup. Booster atau 3 dosis menjadi wajib untuk melindungi dari keparahan dan kematian.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, saat ini di Indonesia belum selesai peningkatan subvarian BA.4 dan BA.5. Kini malah muncul subvarian terbaru di India yang lebih menular.

“Ini sulit dicegah, varian BA.4 dan BA.5 pun bisa meningkatkan jumlah kasus dan memicu jumlah angka kesakitan. Belum lagi subvarian BA.2.75 yang lebih menular dan mirip dengan Delta,” katanya kepada JawaPos.com, Selasa (5/7).

Dicky menegaskan kemampuan subvarian turunan Omicron tersebut mampu mereinfeksi dan menginfeksi serta menurunkan imunitas. Apalagi, kata dia, jumlah testing saat ini sudah tak memadai, sehingga banyak kasus yang tak terdeteksi.

“Masyarakat kita berbeda seperti sebelumnya ya, jika ada gejala pasti tes swab. Sekarang tak lagi, semakin terbatas. Negara yang rajin tes saja bisa menemukan 1 juta kasus, di kita tak bisa terdeteksi seperti itu karena kapasitas tes terbatas,” jelasnya.

Dengan adanya potensi Long Covid, Dicky mengingatkan pentingnya untuk segera mendapatkan booster. Potensi Long Covid, kata dia, bisa serius sekalipun awalnya mengalami gejala ringan.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: