alexametrics

Malas Gosok Gigi Sejak Muda Bisa Kehilangan 11 Gigi Saat Usia 65

5 Juli 2022, 10:44:04 WIB

JawaPos.com – Gigi kuat meski sudah lansia ternyata hal itu dibuktikan oleh kebiasaan saat muda. Malas menggosok gigi sejak muda, nanti saat lansia gigi Anda mudah tanggal.

Dalam diskusi bersama Unilever Indonesia dan Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) diungkapkan kesehatan gigi dan mulut berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh dan kualitas hidup hingga lanjut usia. Namun faktanya, perilaku merawat kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik saat muda akan menyebabkan masyarakat mudah kehilangan gigi saat lansia.

“Rata-rata di usia 65 tahun masyarakat Indonesia sudah kehilangan 11 giginya,” seperti laporan FDI World Dental.

Dokter Gigi drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., dari Unilever Indonesia mengatakan kesehatan gigi dan mulut harus dipelihara, sehingga mereka tetap memiliki senyum dengan sehat dan hidup produktif. Ia juga menyarankan agar masyarakat pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

“Jangan tunda konsultasi ke dokter gigi,” kata drg. Mirah.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) drg. Usman Sumantri, MSc, memaparkan kondisi kesehatan mulut berhubungan dengan kejadian sejumlah penyakit sistemik seperti jantung, ginjal, stroke dan diabetes. Kesehatan gigi berkaitan pula dengan kualitas hidup seseorang karena dapat memengaruhi kenyamanan ketika makan, tidur, berinteraksi sosial, serta rasa percaya diri.

“Terutama bagi lansia yang telah kehilangan banyak gigi. Studi menemukan bahwa mereka cenderung lebih berisiko 48 persen lebih besar untuk memiliki gangguan fungsi kognitif otak. Selain itu, para lansia yang memiliki 10-19 gigi berpotensi mengalami malnutrisi,” kata drg. Usman.

Cara Mencegah Gigi Ompong

Langkah preventif, menyikat gigi dua kali sehari setiap pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Dan selanjutnya berkunjung ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.

“Ini merupakan dua rutinitas sederhana yang menjadi kunci untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat dan berkualitas hingga lanjut usia,” tutupnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: