alexametrics

52.313 Orang Kena DBD Tahun Ini, Simak 5 Tips Cara Mengecahnya

5 Juli 2022, 15:06:36 WIB

JawaPos.com – Tak hanya Covid-19, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti ini juga menjadi ancaman di tanah air. Data Kementerian Kesehatan, pada tahun 2022 hingga pertengahan tahun ini sebanyak 52.313 orang terkena DBD.

Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan peningkatan kasus demam berdarah selalu meningkat dari tahun ke tahun. Ia menegaskam penyakit demam berdarah adalah penyakit endemik di daerah tropis dan subtropis.

Hingga minggu ke-23 di 2022 secara kumulatif terlaporkan ada 52.313 kasus dan 488 kematian karena DBD. Data ini terlaporkan dari 451 kabupaten/kota di 34 provinsi.

“Perlu diupayakan bahwa kesadaran terhadap masyarakat untuk mencegah terjadinya demam berdarah ini menjadi salah satu yang sangat penting,” kata Dante kepada wartawan dalam pelepasan mobil edukasi dengue di gedung Kementerian Kesehatan RI, Selasa (5/7).

Mobil jenis ini secara bertahap akan beroperasi di 100 titik di Indonesia. Fungsi dari mobil edukasi dengue adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan demam berdarah. Untuk tahap awal, mobil edukasi ini akan menyasar sekolah dasar, pasar, RS, dan ibu-ibu PKK di beberapa kota yaitu, Bandung, Cirebon, Jogja, dan Malang.

Ia menegaskan Kementerian Kesehatan tidak bisa turun sendiri secara eksklusif untuk mengatasi demam berdarah karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat. Salah satunya lewat kampanye Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

 

Cara Mencegah DBD

 

Hal senada diungkapkan Ryan Tirta Yudhistira dari Enesis Group. Cara mencegah DBD paling efektif adalah dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Salah satunya adalah dengan melakukan 3M plus.

Pertama, menguras tempat yang sering menjadi penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan tempat penampungan air lainnya. Kedua, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi maupun drum. Ketiga, memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis.

Plus-nya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan seperti di antaranya memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, dan memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi.

“Edukasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk mencegah penyebaran penyakit dengue bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah, tetapi tugas kita semua,” kata Ryan.

Dalam peringatan Asean Dengue Day 2022, PHBS bisa dilakukan dengan hal kecil seperti membiasakan mencuci tangan dalam keseharian, selain menggunakan sabun bisa menggunakan hand sanitizer yang mampu membunuh kuman 99 persen dalam 4 detik. Selain itu, untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dapat mengonsumsi makanan sehat.

Tetap memenuhi kebutuhan serat harian, kaya akan serat, prebiotik dan probiotik juga bisa menjadi cara pencegahan. Untuk menjaga daya tahan tubuh, minum Vitamin C 1000mg, zinc, elderberry, dan beragam herbal.

Menggunakan obat anti nyamuk juga bisa jadi opsi bagus. Seperti mengoles/menyemprot agar terhindar dari gigitan nyamuk sebagai perlindungan diri. Untuk proteksi dari nyamuk di ruangan, bisa menggunakan aerosol membunuh nyamuk hingga ke saraf nyamuk sehingga nyamuk mati tidak bangun lagi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: