alexametrics

Kehilangan Bau saat Idap Covid, Hiruplah 4 Aroma Ini 2 Kali Sehari

5 Mei 2021, 12:30:11 WIB

JawaPos.com – Hal yang paling umum terjadi saat seseorang terinfeksi Covid-19 adalah kehilangan kemampuan penciuman atau hilangnya bau. Cara untuk mengatasi hal ini ternyata bisa melatihnya dengan mengendus aroma tertentu.

Menurut para ahli, kondisi ini bisa memakan waktu mungkin berbulan-bulan. Akan tetapi cobalah mengatasinya dengan menghirup setidaknya 4 aroma berbeda 2 kali sehari. Sehingga dapat membantu pasien pulih lebih cepat dan lebih sempurna, tanpa efek samping yang tidak diinginkan.

Rekomendasi tersebut didasarkan pada tinjauan berbasis bukti sistematis, yang menyimpulkan bahwa kortikosteroid seharusnya tidak menjadi pilihan pengobatan pertama untuk kehilangan bau akibat Covid-19. Obat-obatan ini biasanya diresepkan untuk mereka yang mengalami hidung tersumbat atau meradang, tetapi bukan untuk disfungsi penciuman pasien Covid-19. Studi tersebut dipublikasikan di International Forum of Allergy & Rhinology.

Pelatihan penciuman fungsinya agar kemampuan menghirup bau kembali aktif setelah infeksi virus. “Sebagai kelompok ahli, kami sangat menekankan pertimbangan awal pada pelatihan penciuman,” tulis kelompok tersebut.

“Terapi pelatihan bau ini tidak memiliki efek samping dan biayanya rendah. Alami dan didukung penelitian yang kuat,” katanya seperti dilansir dari Science Alert, Rabu (5/5).

Sekitar 60 persen dari mereka yang terjangkit Covid-19 mengalami gangguan penciuman, sementara sekitar 10 persen memiliki gejala yang terus-menerus berlangsung selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Pada awal 2021, sebuah studi terhadap 1.363 pasien virus Korona dengan disfungsi penciuman menemukan 95 persen pasien pulih indra penciumannya setelah enam bulan.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads