alexametrics

Cegah Dehidrasi, Baiknya Minum Air Putih Dingin atau Suhu Ruangan?

4 Oktober 2019, 17:44:40 WIB

JawaPos.com – Teriknya sinar matahari saat musim panas memang memicu tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak. Untuk itu dianjurkan meminum air putih dengan cukup sesuai dengan kebutuhan orang dewasa dan anak-anak.

Tapi saat musim panas, kebanyakan orang memilih minum air putih dingin, yang dirasa lebih memberikan kesegaran pada tenggorokan. Nah, bicara soal minum air putih dingin, ada pengaruhnya enggak sih untuk tubuh? Atau lebih baik minum air putih suhu ruangan/kamar?

Saat ditemui di sela-sela acara, dr. Tria Rosemiarti dari Hydration Science Director Danone-AQUA menyebutkan, sebenarnya tidak ada masalah minum air putih dingin atau suhu ruang untuk meredakan rasa haus saat musim panas. Karena pada dasarnya, semua air minum yang masuk akan dinetralkan dengan suhu tubuh.

“Saat air masuk ke lambung, itu menjadi suhu tubuh. Makanya kenapa air seni saat buang air kecil sering hangat ya perubahan suhu tubuh itu,” terang dr. tria.

Minum air putih dingin menjadi masalah ketika seseorang sedang menderita radang tenggorokan. Bahkan kalau tidak bisa tahan dingin, akan memberikan efek kaget yang membuat otak jadi kaget.

Sehingga mitos air suhu ruangan lebih baik dari yang dingin sebenarnya tidak benar. Tapi tergantung dengan kondisi kesehatan seseorang. Sama saja kaya mitos kalau air dingin bikin gemuk. “Itu juga gak benar, orang air kan enggak ada kalorinya,” sambungnya.

Menurutnya, agar tetap terhidrasi saat musim panas, bukan terletak pada pilihan air putih dingin atau suhu ruangan. Tapui lebih kepada memperbanyak asupan air putih ke tubuh.

“Bangun tidur harus minum dulu. Lalu saat aktivitas, perbanyak minum air putih meskipun belum terasa harus. Jadi air putih itu lebih ke pencegahan ya bukan treatment,” tukasnya.

Tapi sebenarnya, minum air putih bukan karena berada di suhu panas. Pada cuaca dingin pun tetap dianjurkan meminum air putih meskipun tak haus. Karena dehidrasi tidak kenal suhu.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads