alexametrics

Suhu Bumi Makin Panas Picu Virus Penyakit, ini Cara Atasi Emisi Karbon

4 Agustus 2022, 11:33:50 WIB

JawaPos.com – Memanasnya suhu bumi menimbulkan risiko virus penyakit dari hewan lompat ke manusia atau zoonosis. Maka untuk mengatasi perubahan iklim, salah satunya adalah dengan mengatasi emisi karbon.

Dalam jurnal internasional Nature diungkapkan bahwa perubahan iklim membuat virus berpotensi melompat ke manusia. Es mencair juga membuat virus dan bakteri di dalamnya ikut mengancam.

Dalam laporan penelitian di jurnal Nature dilaporkan, setidaknya 15 ribu penularan virus lintas spesies baru dapat terjadi pada tahun 2070. Para ilmuwan sekarang percaya bahwa pemanasan global akan secara signifikan meningkatkan jumlah penularan virus lintas spesies dalam beberapa dekade mendatang.

Dalam penelitian itu disebutkan, ketika suhu global terus meningkat, banyak spesies hewan kemungkinan akan bermigrasi ke lingkungan baru. Mereka membawa parasit dan patogen atau kuman dan memfasilitasi berbagi virus antara spesies yang sebelumnya tidak memiliki interaksi.

Peningkatan itu kemudian dapat membantu dalam limpahan zoonosis atau penularan patogen dari hewan liar ke manusia.

Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) akan melakukan Pendakian Netral Karbon di Taman Nasional Bukit Baka dan Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat dalam kegiatan bertajuk BAKA-RAYA PROJECT pada 7-28 Agustus 2022. Proses Netral Karbon yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Carbon Footprint Calculator serta Carbon Offsetting.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: