Arab Saudi Waspada 3 Jenis Virus Flu, Ini Gejala dan Pengobatannya

4 Juli 2022, 06:13:14 WIB

JawaPos.com–Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan saat ini tengah terjadi perubahan musim pancaroba. Kondisi itu menyebabkan virus flu atau influenza menyebar cepat.

Dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Saudi Gazette, Senin (4/7), Kementerian Kesehatan mengatakan, ada sekelompok besar virus pernapasan yang menyebabkan flu. Saat ini, ada sekelompok yang mirip dengan gejala influenza musiman, tetapi dengan tingkat keparahan yang lebih rendah.

Dalam pernyataan lain, kementerian mengungkapkan adanya lebih dari 20 jenis virus penyebab flu. Dari total itu, sedikitnya ada 3 jenis yang menjadi sorotan. Apa saja virus dan gejalanya?

  1. Rhinovirus

Virus yang dianggap paling umum. Virus itu juga diketahui menyebar biasanya pada musim semi dan musim gugur.

  1. Human Parainfluenza Virus

Virus ini hadir sepanjang tahun dan menimbulkan gejala yang sangat mirip dengan gejala influenza biasa. Ada 4 spesiesnya, salah satunya menyebar di awal musim panas.

  1. Virus Syncytial Pernapasan (RSV)

Virus ini juga dianggap sebagai salah satu virus penyebab flu dan diketahui biasanya menginfeksi orang yang lebih muda. Virus tersebut hadir pada sebagian besar bulan dalam setahun, tetapi secara global infeksi meningkat pada musim gugur.

Salah satu gejala RSV adalah menyebabkan gejala yang mirip dengan asma. Dalam beberapa kasus, mungkin memerlukan masuk ke rumah sakit dan tetap di bawah pengawasan.

Pengobatannya

Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa tidak ada pengobatan khusus untuk flu. Sebab, flu bisa sembuh sendiri seiring meningkatnya imun tubuh.

Akan tetapi pasien dapat mengambil obat analgesik dan obat penurun demam setelah berkonsultasi dengan dokter.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: