alexametrics

10 Orang Kehilangan Penciuman, 9 di Antaranya Pasti Positif Covid-19

4 Juni 2021, 16:29:25 WIB

JawaPos.com – Salah satu gejala Covid-19 adalah kehilangan indra penciuman dan rasa. Gejala ini sudah hampir umum dialami sebagian pasien Covid-19. Ada yang hilang dalam beberapa bulan, namun ada juga yang mengalami gejala menetap.

Dokter Spesialis Paru dari RS Persahabatan dr. Erlina Burhan mengatakan kehilangan penciuman disebut dengan anosmia. Ia menyebutkan banyak pasien Covid-19 yang ditanganinya mengalami anosmia.

“Memang banyak sekali pasien-pasien kami mengalami anosmia. Guideline terbaru, anosmia bukan pasien suspek lagi, langsung probable,” kata Erlina dalam webinar bersama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Jumat (4/6).

“Sebab dari 10 orang kehilangan penciuman, 9 di antaranya pasti positif Covid-19,” tuturnya lagi.

Menurut Erlina, memang gejala ini pada sebagian pasien lama hilangnya. Tatalaksana yang dilakukan selain pengobatan adalah dokter menganjurkan pasien untuk melatih indra penciumannya dengan berbagai bau atau aroma wewangian yang berebda.

“Kami anjurkan penciuman, latih indra hidungnya untuk mencium dan membaui,” katanya.

Apa saja aroma yang bisa dihirup untuk melatih indra penciuman? Menurut Erlina, mereka yang kehilangan kemampuan membaui bisa mulai dari bau yang ekstrem hingga yang tak ekstrem.

“Bisa makanan, parfum juga,” katanya.

Dengan banyaknya kasus ini, kata dia, mendorong ia dan tim untuk melakukan penelitian kira-kira aroma apa saja yang bisa lebih meningkatkan sensitifitas indra penciuman pasien. Sejauh ini belum ada penelitian tentang hal tersebut dari tim FKUI.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads