alexametrics

Khasiat Air Kunyit untuk Kendalikan Diabetes dan Menyehatkan Jantung

3 Desember 2019, 08:38:32 WIB

JawaPos.com – Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki warna khas kuning keemasan. Bumbu dapur yang satu ini juga menyimpan khasiat untuk obat. Bentuknya mirip jahe dan khasiatnya bisa untuk menyembuhkan penyakit.

Dilansir dari Asian Age, Selasa (3/12), minum air kunyit bisa untuk menjaga kesehatan jantung lebih baik karena sifat antioksidannya bisa meningkatkan kekebalan. Kunyit juga memiliki khasiat anti-inflamasinya.

Dalam laman Medical News Today juga disebutkan para peneliti telah mempelajari manfaat potensial kunyit dan senyawanya untuk kesehatan. Menurut review pada 2015, temuan studi menunjukkan bahwa curcumin, salah satu senyawa aktif utama dalam kunyit, dapat menurunkan gula darah dan memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antikanker.

Air kunyit dapat diseduh dengan menggunakan kunyit parut atau bubuk kunyit. Rebus secangkir air. Tambahkan sejumput bubuk kunyit. Anda juga bisa menggunakan kunyit mentah parut. Biarkan mendidih agar rasanya meresap dengan baik. Saring dan tambahkan lemon atau madu untuk menambah rasanya.

Air kunyit dapat diseduh dengan mudah dan cepat. Poin penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa menggunakan akar kunyit mentah langsung sebagai pengganti kunyit bubuk adalah cara yang lebih baik dan efektif. Apa saja khasiatnya? Berikut penjabarannya.

1. Meningkatkan Imunitas
Kunyit memiliki sistem kekebalan yang kuat dan sangat penting untuk melawan penyakit. Air kunyit sangat bermanfaat ketika Anda ingin pulih dari batuk dan pilek. Kunyit juga membantu dalam melawan infeksi.

2. Mengendalikan Diabetes
Penelitian telah menunjukkan bahwa curcumin, bahan aktif yang ada dalam kunyit, dapat membantu mencegah dan mengendalikan diabetes. Kunyit membantu menstabilkan kadar gula darah. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk dosis yang tepat.

3. Baik untuk Jantung
Air kunyit dapat meningkatkan kesehatan jantung. Karena kaya akan antioksidan, kunyit membantu dalam mengelola kadar kolesterol. Kunyit juga menghilangkan peradangan di jantung dan baik untuk kesehatan jantung secara keseluruhan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads