alexametrics

SBY Idap Kanker Prostat, Ketahui Peluang Hidup Berdasar Stadium

3 November 2021, 10:49:02 WIB

JawaPos.com–Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinyatakan mengidap kanker prostat stadium awal. Semakin dini terdeteksi, peluang kesembuhan kanker akan semakin besar.

Konsultan Hematologi & Onkologi Medik Ronald Alexander Hukom mengatakan, kanker prostat stadium I hingga III belum menyebar. Untuk mendeteksinya, dokter juga menggunakan kelompok risiko.

”Tata laksana berdasar seberapa jauh tumor prostat telah tumbuh, tingkat PSA, kelompok derajat, dan hasil biopsi prostat untuk membantu menentukan apakah lebih banyak tes harus dilakukan, serta untuk membantu memandu pilihan pengobatan,” kata Ronald kepada JawaPos.com, Rabu (3/11).

Menurut Ronald, kelompok risiko berkisar dari risiko sangat rendah hingga risiko sangat tinggi, dengan kanker pada kelompok risiko rendah memiliki peluang lebih kecil untuk tumbuh dan menyebar dibandingkan dengan kelompok risiko tinggi. Faktor lain, seperti usia, kesehatan secara keseluruhan, harapan hidup, dan preferensi pribadi juga diperhitungkan saat melihat pilihan pengobatan.

Bagaimana Peluang Hidupnya? Menurut Ronald, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun memberi tahu berapa persen orang yang hidup setidaknya 5 tahun setelah kanker ditemukan. Persen berarti berapa banyak dari 100. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun untuk penderita kanker prostat adalah 98 persen. Tingkat kelangsungan hidup 10 tahun juga 98 persen.

Sebagian besar kanker prostat (89 persen) ditemukan ketika penyakit itu hanya ada di prostat dan organ di sekitarnya. Itu disebut sebagai tahap lokal atau regional. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun bagi kebanyakan orang dengan kanker prostat lokal atau regional hampir 100 persen.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: