JawaPos Radar

Perempuan Lebih Potensi Mengidap Lupus

03/10/2017, 21:06 WIB | Editor: Dwi Shintia
Perempuan membaca
Ilustrasi perempuan (Pixabay)
Share this image

JawaPos.com - Menambah informasi mengenai penyakit Systemic Lupus Erythematosus (SLE) alias lupus adalah penting. Selain karena gejalanya yang tidak identik, mayoritas pendeita lupus ternyata juga adalah perempuan.

Spesialis penyakit dalam konsultan rematologi RSUD dr Soetomo dr Yuliasih SpPD KR memaparkan, 90 persen penderita lupus adalah perempuan yang berusia produktif. Hal tersebut dikarenakan perempuan mempunyai produktivitas hormon estrogen yang cukup tinggi sehingga memicu aktivitas sel imun tersebut. ’’Ada juga pasien laki-laki, tapi nggak sebanyak perempuan,’’ imbuh Yuli.

Untuk diketahui, bahwa lupus adalah penyakit genetik. Dan pencetusnya adalah stress, kelelahan, dan banyak terkena paparan sinar matahari. Jadi, untuk perempuan sebisa mungkin memanajemen stress dengan baik. Serta tidak lupa memakai sunblock bila mempunyai mobilitas tinggi dibawah sinar matahari.

Sebenarnya, bila pasien mengikuti semua anjuran dokter, dengan minum obat dan kontrol secara rutin. Maka penyakit lupus akan terkontrol dengan baik, dan pasien bisa hidup seperti orang kebanyakan. ’’Odapus (orang dengan lupus) yang terkendali dengan baik, bisa hidup normal,’’ terangnya. (*)

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up