alexametrics src="https://cdn.geozo.com/mfel17291/ilv/0mp/30y8qh678vuq687/pky52d4.go">

Sering Merasa Diabaikan, ini 5 Tips Agar Lansia Hidup Sehat-Bahagia

3 Juli 2022, 11:01:11 WIB

JawaPos.com – Lansia harus tetap bisa hidup berdaya dan mandiri. Meski sudah usia senja, lansia tetap harus aktif sesuai dengan hobi dan minatnya. Sayangnya, seringkali karena perbedaan gap usia yang cukup jauh dari anggota keluarga lainnya, lansia kerap kali merasa kesepian dan diabaikan.

Selain bahagia mentalnya, lansia juga harus sehat. Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PB Pergemi) Prof. Dr. dr. Siti Setiati, Sp.PD-KGer, M. Epid, FINASIM mengatakan lansia penting untuk melakukan pemenuhan kebutuhan gizi harian, berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup. Dan tak kalah penting yaitu memperhatikan kondisi mental dan sosial, karena rasa kesepian atau depresi yang tidak terlihat juga dapat menyebabkan malnutrisi.

Ia mengatakan sehat adalah keseimbangan kondisi mental, fisik, dan sosial yang saling melengkapi. Di Indonesia sebanyak 34,71 persen lansia tinggal bersama keluarga tiga generasi, nilai ini menurun sebesar 6 persen dari tahun sebelumnya.

“Padahal berinteraksi dengan keluarga merupakan salah satu kunci penting dalam meningkatkan kualitas hidup lansia karena mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk merasakan keterlibatan sosial yang dapat menghadirkan perasaan bahagia. Kondisi ini dapat menurunkan risiko lansia untuk merasa kesepian atau diabaikan,” katanya dalam Hari Lansia Nasional, Nestlé Health Science (NHS) melalui Nestlé BOOST Optimum baru-baru ini.

Menurut dr. Yulia Megawati dari Nestlé Health Science (NHS), kampanye Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia bertujuan mengajak keluarga Indonesia untuk mendukung para lansia mewujudkan hidup sehat, aktif dan bahagia di sepanjang usia. Bagaimana tipsnya untuk mewujudkan hal itu?

1. Penuhi Gizi Lansia

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: