Ingin Gula Darah Tetap Stabil, Lakukan 7 Cara Mudah Cegah Diabetes

3 Juli 2022, 19:16:57 WIB

JawaPos.com – Kadar gula darah yang melebihi batas normal bakal berujung pada diabetes. Untuk membuat gula darah tetap stabil salah satunya adalah dengan diet dan hidup sehat.

Kebiasaan mengonsumsi makanan manis, makan berlebih, hingga kurang olahraga dapat membuat kadar gula darah melonjak. Sejumlah ahli memberikan tips bagaimana gula darah tetap stabil.

“Cobalah mengelola nutrisi, tingkat aktivitas, dan berat badan untuk mengendalikan gula darah,” kata Edukator diabetes Megan Asterino-McGeean, BSN, RN, CDCES seperti dilansir dari Cleaveland Clinic, Minggu (3/7)

Sebelum berujung pada obat-obatan dalam kondisi komplikasi, cobalah mencegahnya dengan cara sederhana. Bagaimana caranya?

1. Tinggalkan Minuman Manis

Minuman yang dimaniskan dengan gula adalah satu alasan penyebah gula darah tinggi. Batasi atau bahkan tinggalkan sama sekali akan menurunkan gula darah, serta membantu penurunan berat badan

“Tinggalkan soda dan minuman manis hingga berenergi untuk gula darah tetap stabil,” katanya.

2. Jadilah Cerdas Karbohidrat

Meskipun Asterino-McGeean mengatakan karbohidrat tetap dibutuhkan tubuh, namun karbohidrat berlebih akan meningkatkan gula darah. Makan terlalu banyak karbohidrat meningkatkan kadar gula.

“Itulah mengapa konsistensi seimbang adalah kuncinya,” katanya.

Asterino-McGeean merekomendasikan makan karbohidrat dengan porsi yang sama setiap kali makan. Karbohidrat kompleks yang padat nutrisi, tinggi serat, adalah pilihan sehari-hari yang lebih baik daripada karbohidrat olahan sederhana. Misalnya umbi-umbian dan kacang-kacangan.

3. Makan Makanan Seimbang

Karbohidrat membutuhkan pendamping. Seimbangkan dengan makanan lain seperti sayuran non-tepung dan protein tanpa lemak.

4. Bergerak

Semakin sedikit Anda bergerak, semakin tinggi gula darah. Olahraga juga merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan, suasana hati, dan tingkat metabolisme Anda secara keseluruhan.

American Diabetes Association menyarankan untuk memulai dengan sekitar 30 menit latihan kardio atau aerobik tiga kali seminggu. Atau cobalah berjalan cepat, dengan sedikit latihan ketahanan dan latihan kekuatan.

5. Hilangkan Stres

Karena stres memengaruhi gula darah, penting untuk menemukan cara untuk mengatasinya. Misalnya mengalihkan lewat hobi, olahraga, atau terapi bicara.

6. Cek Kadar Gula Darah

Pantau kadar gula dapat membantu Anda memecahkan masalah ketika Anda mengalami lonjakan gula darah.
Gunakan glukometer (monitor gula darah) untuk memastikan Anda berada dalam kisaran target yang direkomendasikan oleh dokter.

7. Berhenti merokok

Nikotin meningkatkan gula darah karena mempengaruhi bagaimana tubuh Anda merespon insulin. Dan merokok menyebabkan peradangan, yang juga dapat meningkatkan gula darah. Maka stop merokok.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: