alexametrics

Ahli Gizi Ungkap 3 Fakta Soal Susu Untuk Penuhi Nutrisi Harian

3 Juni 2020, 11:04:35 WIB

JawaPos.com – Setiap orang membutuhkan asupan nutrisi yang bergizi. Sayangnya tak setiap menu yang disajikan setiap hari bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi. Minum segelas susu bisa memberi banyak kebaikan bagi tubuh.

Dalam diskusi virtual bertema ‘Kebaikan Susu Sebagai Bagian Gizi Seimbang, dari Peternak Sapi Perah Untuk Keluarga Indonesia Sehat Berprestasi’, masyarakat diajak untuk rutin minum susu.

Ajakan ini merupakan kampanye perayaan Hari Susu Sedunia yang digelar secara internasional maupun nasional setiap 1 Juni.

“Untuk terus tumbuh menjadi keluarga yang sehat dan kuat dengan minum susu setiap hari untuk melengkapi asupan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain minum susu setiap hari dan makan makanan bergizi, keluarga Indonesia juga harus membiasakan bergerak aktif setiap hari,” kata Corporate Affairs Director FFI Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro dalam diskusi belum lama ini.

Ahli Gizi dan Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Indonesia Prof. Hardinsyah menjelaskan susu adalah salah satu sumber protein hewani yang juga mengandung berbagai zat gizi, baik makro maupun mikro, seperti vitamin dan mineral untuk membantu tubuh tumbuh sehat dan kuat. Sejarah gizi
menunjukkan bahwa susu berperan baik dalam diet manusia sehari-hari.

“Bagi seorang remaja atau dewasa, dalam segelas susu terkandung separuh kebutuhan kalsium dan vitamin D,” jelas Hardinsyah.

Berbagai manfaat susu bisa memperbaiki nutrisi harian seseorang. Hardinsyah membeberkan beberapa fakta seputar susu.

 

1. Kandungan Lengkap Pada Susu

Susu memenuhi seperlima sampai sepertiga (20-30 persen) kebutuhan protein, vitamin B6, B9, B12, E dan fosfor; serta sepersepuluh sampai seperenam (10-15 persen) kebutuhan energi, lemak yang unik, vitamin B5, zink, selenium dan magnesium. Semua zat gizi ini turut membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gizi, serta kekuatan otot dan kemampuan berfikir.

 

2. Boleh Dikonsumsi Semua Umur

Hardinsyah menekankan bahwa susu merupakan pelengkap pemenuhan kebutuhan gizi bagi semua orang yang bisa mengonsumsinya. Tidak hanya baik dikonsumsi anak, susu juga baik untuk
dikonsumsi setiap hari oleh remaja dan orang dewasa untuk melengkapi pemenuhan gizi seimbang yang
merupakan investasi untuk hidup sehat, cerdas dan kuat di masa sekarang dan masa datang.

 

3. Konsumsi Susu di Indonesia Masih Rendah

Sayangnya belum banyak dari masyarakat yang memahami hal tersebut. Diukur dari rendahnya
konsumsi susu penduduk Indonesia yang rata-rata adalah 17 kg perkapita pertahun. “Maka dari itu, penting untuk kita semua mengingatkan keluarga Indonesia untuk membangun kebiasaan baik minum susu setiap hari,” tambah Hardinsyah.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads