alexametrics

Belum Ada Tes Pasti, 2 Gejala Ini jadi Tanda Awal Hepatitis Misterius

3 Mei 2022, 15:13:41 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 3 pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo, Jakarta, dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia. Mereka tertular dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 31 April 2022. Gejalanya rata-rata ditandai dengan gejala gastrointestinal yang terjadi pada pencernaan.

Ketiga pasien tersebut merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan gejala yang ditemukan pada pasien-pasien tersebut mirip seperti hepatitis pada umumnya. Salah satu diawali dengan gastrointestinal.

Gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (penyakit kuning) akut. Dan juga gejala gastrointestinal. Apa saja?

“Diare dan muntah-muntah,” kata Nadia kepada wartawan baru-baru ini.

Sebagian besar kasus tidak ditemukan adanya gejala demam. Nadia menegaskan jika anak-anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. Kisaran kasus terjadi pada anak usia 1 bulan sampai dengan 16 tahun.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: