alexametrics

1 dari 3 Orang Menderita Darah Tinggi, Berikut Olahraga yang Cocok

3 Mei 2021, 11:02:53 WIB

JawaPos.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa berujung komplikasi jika tak segera diobati. Hipertensi menjadi ancaman timbulnya jantung koroner, stroke, hingga gagal ginjal. Mirisnya 1 dari 3 orang dewasa menderita hipertensi. Dan gaya hidup mereka masih belum disertai dengan gerak atau olahraga.

Latihan fisik adalah salah satu kunci penting untuk menurunkan tekanan darah. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi atau hipertensi termasuk salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang tertinggi di Indonesia. Berdasarkan RISKESDAS 2018, prevalensinya pada usia >18 mencapai 34,1 persen. Yang berarti, 1 dari 3 orang dewasa di Indonesia menderita hipertensi.

Hipertensi melibatkan banyak faktor penyebab dan perlu diatasi dengan serius, karena memiliki risiko komplikasi ke lima organ penting: otak (stroke), mata (retinopati hipertensi), jantung (penyakit jantung koroner sampai dengan gagal jantung), ginjal (gagal ginjal kronis), dan pembuluh darah perifer. Seseorang disebut menderita hipertensi bila tekanan sistolik >140 mmHg, dan diastolik >90 mmHg.

Baca Juga: Tekanan Darah Sering 140/90, Waspada Penyakit Hipertensi Terselubung

Dalam webinar ‘Kelas Online Penuh Inspirasi (KOPI) Sehat bersama Good Doctor dan Samsung Galaxy Watch3 dan Watch Active2, masyarakat bisa mengecek tekanan darahnya bisa dengan banyak cara. Misalnya dengan alat pengukur tekanan darah hingga smartwatch.

“Kami mendukung lebih banyak masyarakat Indonesia untuk memulai, menjalankan, dan mempertahankan kebiasaan berolahraga untuk memelihara kebugaran. Dengan smartwatch kini bisa memberi kemampuan health tracking seperti pelacakan denyut nadi, tekanan darah, hingga EKG. Bahkan bisa memonitor saturasi oksigen. Memantau kesehatan kini menjadi lebih mudah,” kata Product Marketing Samsung Indonesia Leo Hendarto, Minggu (2/5).

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads