alexametrics

4 Vaksin Covid-19 Janji Ungkap Kemanjurannya Hadapi Omicron

2 Desember 2021, 16:36:48 WIB

JawaPos.com – Munculnya varian B.1.1.529 atau yang dijuluki ‘Omicron’ oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membuat dunia khawatir. Sebab laporan awalnya, Omicron disebut bisa 5 kali lebih menular daripada varian Delta yang sekarang dominan. Bagaimana dengan efektivitas vaksin?

Dilansir dari RACGP, Kamis (2/12) dengan lebih dari 50 mutasi, termasuk lebih dari 30 pada protein lonjakan, ada juga kekhawatiran Omicron dapat mengurangi kemanjuran vaksin yang ada. Jadi bagaimana tanggapan perusahaan soal kemanjuran vaksin mereka?

1. Pfizer

Sekitar 24 juta dosis vaksin Pfizer Covid-19 telah diberikan di Australia. Sekitar dua kali lipat dari pesaing terdekat (AstraZeneca) dan 24 kali lebih banyak daripada Moderna. Selama akhir pekan, BioNtech-Pfizer mengindikasikan akan memakan waktu sekitar dua minggu untuk bereksperimen di laboratorium untuk menentukan apakah vaksin saat ini cukup efektif melawan Omicron.

“Pfizer dan BioNTech telah mengambil tindakan beberapa bulan lalu untuk dapat mengadaptasi vaksin mRNA dalam waktu enam minggu dan mengirimkan batch awal dalam 100 hari jika terjadi varian yang lolos,” kata perusahaan itu.

“Kami memahami kekhawatiran para ahli dan segera memulai penyelidikan pada varian Omicron,” kata pihak Pfizer

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads