alexametrics

Kembali ke Alam dengan Tanaman Obat

2 November 2016, 15:32:00 WIB

JawaPos.com – Tanaman obat keluarga (toga) adalah tumbuhan yang ditanam oleh keluarga di sekitar lingkungan rumah.  Tanaman obat mempunyai khasiat penyembuhan dan sebagai apotek hidup yang dimanfaatkan oleh keluarga secara sederhana.

Saat ini kampanye kembali ke alam (back to nature) terus disosialisasikan. Salah satunya dengan membudidayakan toga di pekarangan rumah. Jika sakit, sebagian besar dari kita pasti meminum obat – obatan.

Namun apa salahnya jika kembali ke alam dengan mengandalkan tanaman hijau di sekitar kita. Dilansir dari bidang promosi kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok toga bermanfaat sebagai penanggulangan pertama pengobatan suatu penyakit.

Selain itu dapat memiliki  nilai ekonomis membantu masyarakat dalam peningkatan derajat kesehatan secara sederhana. Sebagai sistem pengobatan yang murah dan aman. Tanaman obat juga mempercepat penyembuhan penyakit.

Tujuannya lainnya yakni untuk pengembangan dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam bidang kesehatan serta memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman obat. Tentu berbagai macam manfaat dapat diperoleh dari mulai dari sisi kesehatan, penghijauan, apotek hidup, pengobatan darurat sebelum mendapatkan penanganan medis, untuk meningkatkan gizi keluarga dan untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Dari mulai tanaman Sambung Nyawa, Kelapa Hijau, Daun Pecah Beling, Daun Kapuk, Daun Kumis Kucing, Daun Saga, Getah Indrak, Getah Jarak, Daun Karukan, Daun Lidah Buaya, Daun Dadap dan Asem Kanji, Daun Pisang yang masih muda, Bawang Merah, Tanah Merah, Daun Andelem, Ketumpangan Air, Daun Gendong Anak, Daun Sirsak, Senggung Gudan Kapur, Kunyit Kuning, Temulawak, Kencur, Daun Keremek, Putri Malu.

Serta ada pula Jeruk Nipis, Binahong, Daun Ceremai, Daun Pepaya, Daun Jarak, Daun Pace, Daun Lempuyang, Ketimun, Bambu, Pare Kurung, Bengkuang, Bangle, Daun Singkong, Daun Kacang Panjang, Daun Katuk, Bunga Teleng, Daun Bungur, Daun Pepaya, Daun Miyana, Daun Pete Besar, Daun Pisang Emas, Kajar – Kajar, Daun Jaran, Daun Mustajab, Daun Sembung, Daun Sidang Gori dan batangnya, serta Daun Tapak Darah. (cr1/JPG)

Editor : admin



Close Ads
Kembali ke Alam dengan Tanaman Obat