alexametrics

Perubahan Iklim, Suhu Bumi Lebih Panas, 5 Penyakit Jadi Ancaman

2 Juli 2022, 07:49:38 WIB

JawaPos.com–Akibat perubahan iklim, sejumlah virus mulai bermunculan dan terancam melompat ke manusia. Belajar dari pengalaman pandemi Covid-19, dunia makin terancam karena saat ini tengah dilanda suhu panas dampak perubahan iklim.

Saat suhu bumi menghangat, lebih banyak risiko kesehatan akan datang. Beberapa dari risiko itu berasal dari penyakit yang sudah banyak dikenal. Seperti penyakit Lyme, yang dibawa kutu, atau virus West Nile, yang dikembangbiakkan nyamuk baik yang ditularkan melalui vektor yang disebarkan arakhnida penghisap darah maupun serangga.

Dengan meningkatnya suhu global, penyakit yang ditularkan melalui vektor menjadi lebih umum dan penyakit lain yang kurang dikenal menyebar ke daerah baru.

”Penyakit-penyakit ini akan terus membebani kesehatan masyarakat dan sistem perawatan medis kita selama bertahun-tahun yang akan datang,” kata para ahli dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC, dalam analisis 2016.

Berikut daftar penyakit yang menjadi ancaman akibat suhu bumi memanas:

  1. Powassan Virus

Virus ini dibawa kutu berkaki hitam, arakhnida. Virus Powassan, atau POWV, adalah penyakit langka yang ditularkan melalui kutu yang menginfeksi 134 orang di AS antara 2016 dan 2020. Itu mungkin kedengarannya tidak banyak, tetapi ini menunjukkan peningkatan lebih dari 300 persen dari lima tahun sebelumnya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: