alexametrics

Minyak Wijen Turunkan Kadar Trigliserida hingga Kolesterol Total

Oleh: Prof Dr Apt Mangestuti Agil MS
2 April 2022, 16:48:40 WIB

Ketertarikan peneliti untuk mempelajari khasiat minyak wijen bagi kesehatan berawal dari terkuaknya kekayaan zat kandungannya. Aktivitas sebagai antioksidan dan antiradang merupakan beberapa khasiat yang menyebabkan minyak itu dipakai secara luas untuk perawatan kulit.

INGAT wijen hampir pasti ingat onde-onde. Kue bulat berisi kacang hijau bertabur wijen khas Indonesia itu masih mudah dijumpai sampai sekarang di penjual kue basah. Tanaman asal wijen bernama ilmiah Sesamum indicum dari suku Pedaliaceae. Tumbuh subur di kawasan tropis dan subtropis, termasuk Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Bagian tanaman yang digunakan adalah biji, misalnya pada pembuatan kue onde-onde dan biskuit wijen di Indonesia. Minyak wijen dihasilkan dengan cara pressing (penekanan) biji. Dan di Indonesia dipakai secara luas sebagai minyak goreng.

Memang ada dua jenis minyak wijen. Minyak yang berwarna gelap dibuat dari biji wijen panggang. Selain itu, ada minyak wijen yang lebih jernih yang terbuat dari biji yang tidak dipanggang. Minyak berwarna gelap digunakan sebagai penambah rasa dan tidak untuk menggoreng. Sementara itu, minyak yang jernih dapat digunakan seperti minyak goreng pada umumnya.

Sejarah menyebutkan, biji sesami sebagai ”queen of oilseed” (ratu biji penghasil minyak). Sejarah juga memasukkan minyak wijen ke dalam jenis minyak yang pertama dikonsumsi oleh manusia.

Biji dan minyak wijen terbukti kaya zat kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan biji meliputi mineral, vitamin, minyak, serat, dan berbagai zat organik lain. Sedangkan kandungan mineralnya meliputi kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, mangan, dan zinc. Kemudian, kandungan vitamin dalam wijen, antara lain, vitamin B1, B2, B6, folat, A, C, dan ada asam amino triptofan. Kandungan lemak terbanyak adalah asam palmitat selain asam linoleat dan asam oleat.

Minyak Wijen Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Riset ilmiah pemanfaatan minyak wijen secara topikal untuk kesehatan kulit sudah menunjukkan hasil yang mendukung pemakaiannya. Kandungan sesamin, sesamolin, dan sesaminol berkhasiat sebagai antioksidan. Riset menunjukkan pemakaian secara topikal bisa mengendalikan stres oksidatif. Yaitu, melalui kerjanya dalam menghambat produksi xanthine oxidase (enzim yang berperan pada pembentukan radikal bebas) dan nitric oxide (radikal bebas) pada hewan coba tikus. Stres oksidatif bisa menyebabkan kerusakan sel dan keadaan itu terjadi saat radikal bebas berada dalam jumlah berlebih di dalam tubuh.

Khasiat tersebut membuat minyak wijen bisa menjaga dan meningkatkan peran ”skin barrier”, yaitu lapisan terluar kulit. Barrier yang sehat perlu untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Juga menjaga agar tubuh mampu mencegah gangguan dan ancamandari luar.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c6/jun

Saksikan video menarik berikut ini: