alexametrics

Manfaat Minum Kopi untuk Bantu Daya Ingat Hingga Belajar

1 Desember 2019, 15:00:16 WIB

JawaPos.com – Tren minum kopi atau yang sering disebut ngopi sudah menjadi rutinitas wajib bagi sebagian orang. Duduk bersantai bersama teman-teman atau rekan kerja sambil ngopi merupakan hal yang sangat lazim dilakukan, terutama setelah jam kantor usai.

Bukan hanya itu saja, selama menjalankan rutinitas kerja di kantor, kopi juga sering dijadikan sebagai minuman wajib. Apalagi di saat menjelang siang atau setelah jam makan siang.

Pada dasarnya, selain rasanya yang nikmat, kopi memang memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kafein ini memiliki efek menenangkan dan membuat pikiran lebih fresh, sehingga bisa memberikan rasa nyaman bagi yang mengonsumsinya. Dalam takaran yang tepat, kafein bahkan bisa meningkatkan produktivitas kerja dan memicu kreatifitas lebih maksimal.

Saat mengonsumsi secangkir kopi, maka Anda akan merasa lebih nyaman dan tenang. Bahkan meski sedang menghadapi berbagai pekerjaan dan rutinitas yang padat. Bukan hanya itu saja, ada banyak manfaat positif lainnya yang bisa didapatkan dari kopi.

Apa sajakah itu? Berikut penjelasan lengkapnya apa benar kopi bikin orang lebih produktif dan kreatif seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (1/12).

1. Meningkatkan Energi Positif Daya Ingat

Minum kopi dalam takaran yang tepat bisa memberikan dampak baik bagi tubuh, sehingga penting untuk memahami takaran yang paling tepat sejak awal. Buat sebagian orang, empat hingga lima cangkir kopi sehari bisa saja tidak memberikan dampak apa-apa.

Namun untuk sebagian lainnya, satu cangkir kopi saja bisa jadi sudah akan memberikan manfaat positif dalam produktivitasnya. Masing-masing orang akan memiliki dosis yang berbeda, termasuk pilihan jenis kopi itu sendiri.

Akan tetapi secara keseluruhan, konsumsi kopi ini memang bisa meningkatkan energi positif di dalam tubuh. Saat dikonsumsi dalam takaran yang pas, kopi bisa meningkatkan daya ingat dan membuat produktifitas kerja menjadi meningkat.

Kemampuan berpikir akan menjadi lebih baik, sebab ada banyak efek positif yang bisa didapatkan secara bersamaan. Seperti: tingkat kewaspadaan yang baik, peningkatan fungsi kognitif, hadirnya energi positif, dan lainnya.

Semua ini akan membuat tubuh lebih nyaman dan siap untuk menghadapi berbagai tantangan di meja kerja sepanjang hari. Anda akan lebih siap untuk bekerja dan memberikan yang terbaik, bahkan untuk pekerjaan-pekerjaan yang tidak mudah sekalipun.

2. Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Mengambil Keputusan

Hari yang melelahkan kerap menjadi bagian dari pekerjaan dan rutinitas kantor. Meski sudah terjadi berulang, kondisi ini kerap tidak mudah untuk dilalui dengan baik setiap waktunya.

Saat kelelahan, Anda akan sulit berkonsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline. Jika sudah begini, menunda pekerjaan kerap dijadikan sebagai pilihan.

Jika Anda memaksakan diri untuk menyelesaikannya, maka akan selalu ada risiko di mana Anda mengambil keputusan yang salah dalam pekerjaan. Namun ketika Anda mengonsumsi kopi, semua kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan tepat.

Mood kerja Anda akan tetap terjaga dengan baik, sehingga tubuh juga mengimbanginya dengan energi positif. Anda akan memiliki motivasi yang tinggi untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan sebaik-baiknya, bahkan meski itu tidak mudah.

Bukan hanya itu saja, stamina yang tetap terjaga dengan baik akan memungkinkan Anda lebih mudah mengambil berbagai keputusan terbaik di dalam pekerjaan. Semua ini akan membuat kualitas dan produktivitas kerja Anda tetap terjaga dengan baik.

3. Menjaga Konsentrasi dan Membantu Proses Belajar

Bekerja tidak identik dengan rutinitas yang itu-itu saja, apalagi jika Anda bekerja di bidang kreatif. Ada banyak hal baru yang harus selalu dipelajari dan dikuasai dengan baik, sehingga Anda bisa memenuhi semua tuntutan pekerjaan dengan maksimal.

Semua proses ini akan jauh lebih mudah, jika Anda terbiasa mengonsumsi kopi ketika bekerja. Secangkir kopi di pagi hari atau di sela-sela jam kerja akan membantu menjaga konsentrasi Anda tetap baik sepanjang hari.

Hal ini tentu akan sangat membantu Anda dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai tugas-tugas kantor. Jika Anda memiliki konsentrasi yang tinggi dalam belajar, maka semua proses ini tentu akan jauh lebih mudah dan cepat untuk dikuasai.

Anda akan lebih mudah fokus pada berbagai hal di meja kerja. Sehingga semua tugas Anda bisa selesai dengan baik dan tepat waktu.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads