alexametrics

Hilangkan 3 Stigma Penularan HIV AIDS, Jangan Kucilkan ODHA

1 Desember 2019, 14:14:07 WIB

JawaPos.com – Masyarakat harus memahami edukasi penularan penyakit HIV AIDS. Penyakit itu hanya menular lewat hubungan seksual, berganti pasangan, transfusi darah, hingga bergantian menggunakan jarum suntik. Jika hanya bergaul dan bersosialisasi tentu tidak menularkan virusnya.

Edukasi itu harus selalu dikampanyekan seiring dengan peringatan Hari AIDS Sedunia setiap 1 Desember. “Stigma bahwa HIV mudah menular juga perlu diluruskan, jauhi penyakitnya bukan penderitanya,” kata Ketua Umum Kelompok Studi Infeksi Menular Seksual Indonesia (KSIMSI) dr. Hanny Nilasari, SpKK, kepada wartawan baru-baru ini.

Survei baru-baru ini oleh Reckitt Benckiser (RB) Indonesia, Durex, yang dilakukan di lima kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta. Dengan mengambil total 1.500 responden, yang juga mencakup beragam status ekonomi sosial (SES) perempuan dan laki-laki, hasilnya kesehatan reproduksi dan edukasi seksual masih tabu dibicarakan.

Padahal, edukasi seksual sangat penting untuk mencegah penyakit seperti IMS dan HIV AIDS. Menurut dr. Hanny, sebagian orang masih belum sadar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi. Stigma terhadap ODHA juga masih harus dibenahi.

“Stop stigma, jauhi penyakitnya bukan orangnya. Tegaskan komitmen, kita tak boleh lakukan seks sebelum menikah,” tegasnya.

Maka dr. Hanny menegaskan, HIV AIDS tidak akan menular melalui cara-cara berikut,

1. Bersentuhan

Hanya bersentuhan, berjabat tangan, tak akan menularkan HIV AIDS. HIV tidak menular lewat sentuhan sepanjang area yang bersentuhan tidak mempunyai luka dan bagian kulit yang bersentuhan juga tidak terdapat luka.

2. Makan dan Minum serta Bergaul

Tidak masalah jika berbagi makanan dan minuman atau tinggal satu rumah dan hidup bergaul dengan ODHA.

3. Berpelukan dan Berciuman

HIV juga tidak menyebar melalui udara seperti pneumonia atau flu. Maka jika berpelukan atau berciuman pipi ke pipi atau mulut ke pipi tak akan menularkan virusnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads