Kandidat Obat Terapi Covid-19, Regdanvimab Kurangi Risiko Kematian

1 Agustus 2021, 11:42:11 WIB

JawaPos.com – Satu lagi obat terapi Covid-19 diyakini bisa menjadi kandidat obat penyembuhan pasien Covid-19. Obat Regdanvimab (RegkironaTM) kini telah direkomendasikan di Eropa untuk pasien Covid-19 dewasa yang tidak memerlukan terapi oksigen dan berisiko tinggi mengalami Covid-19 berat.

Dari riset yang sudah ada, dosis regdanvimab 40 mg/kgBB secara intravena, diberikan segera setelah terdiagnosis tidak lebih dari 7 hari sejak onset gejala. Berdasarkan studi klinis regdanvimab (RegkironaTM) secara signifikan mengurangi risiko rawat inap atau kematian sebesar 72 persen untuk pasien yang berisiko tinggi berkembang menjadi Covid-19 yang berat hingga hari ke-28. RegkironaTM juga secara signifikan mengurangi risiko rawat inap atau kematian sebesar 70 persen pada semua pasien.

Pasien yang mendapatkan terapi dengan regdanvimab (RegkironaTM) dan terapi standar Covid-19 dilaporkan memiliki waktu pemulihan klinis yang secara signifikan lebih singkat dibandingkan dengan yang hanya mendapatkan terapi standar Covid-19 saja. Yaitu setidaknya 4,7 hari lebih cepat untuk pasien yang berisiko tinggi berkembang menjadi Covid-19 berat dan 4,9 hari lebih cepat untuk semua pasien.

Data preklinik in vivo terbaru untuk regdanvimab (RegkironaTM) menunjukkan aktivitas netralisasi yang kuat terhadap virus SARS-CoV-2 varian Delta. Regdanvimab didentifikasi sebagai pengobatan potensial untuk terapi Covid-19 yang dilakukan melalui penyaringan kandidat antibodi. Antibodi yang  dipilih memiliki potensi terbesar untuk menetralisir virus SARS-CoV-2.

Baca Juga: Stok Langka, Menkes Janji Penuhi Kebutuhan 6 Obat Pasien Covid-19

“Regdanvimab menjadi terapi antibodi monoklonal pertama di Indonesia yang diindikasikan untuk terapi Covid-19,” kata Executive Director Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS) dr. Raymond Tjandrawinata, dalam webinar baru-baru ini.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads