alexametrics src="https://cdn.geozo.com/mfel17291/ilv/0mp/30y8qh678vuq687/pky52d4.go">

Tes PCR Khusus Penyakit Cacar Monyet Ditemukan, Hasil Cukup 90 Menit

1 Juli 2022, 22:15:56 WIB

JawaPos.com – Era pandemi Covid-19 masyarakat dunia mengenal adanya tes PCR untuk mendeteksi virus SARS-CoV-2. Kini, saat cacar monyet menyebar, peneliti mengembangkan alat tes yang sama yakni tes PCR khusus mendeteksi virus cacar monyet.

Uji PCR dilakukan oleh Korea Selatan. Para ilmuwan mengembangkan tes yang dapat mengidentifikasi virus dalam waktu kurang dari dua jam, atau 90 menit.

Para ilmuwan mengembangkan tes yang mampu mengidentifikasi apakah seseorang terinfeksi cacar monyet hanya dalam waktu lebih dari satu jam. Tes baru ini telah dikembangkan oleh perusahaan diagnostik Korea Selatan, Seegene.

Perusahaan mengembangkan tes tersebut agar negara-negara lain mengikuti penyebaran virus dan mengendalikan penularan. Jumlah kasus virus cacar monyet diperkirakan akan meningkat musim panas ini di negara Eropa.

“Selain melalui transmisi tetesan atau droplet, cacar monyet sebagian besar ditularkan melalui sentuhan kulit,” kata Direktur Insiden Badan Keamanan Kesehatan Inggris dr. Sophia Makki, seperti dilansir dari Science Times, Jumat (1/7).

Makki memperingatkan masyarakat harus waspada terhadap gejala cacar monyet untuk mencegah penyebaran infeksi ke banyak orang. Sejauh ini kasus dilaporkan menyebar didominasi pada laki-laki muda yang aktif secara seksual.

Editor : Kuswandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: