alexametrics

Jus Jambu Ampuh Naikkan Trombosit saat DBD? Simak Penjelasan Dokter

1 Juli 2022, 11:32:41 WIB

JawaPos.com – Saat menderita sakit demam berdarah dengue (DBD), banyak orang percaya bahwa meminum jus jambu ampuh menaikkan kadar trombosit yang turun akibat penyakit tersebut. Kendati demikian, Staf Divisi Tropik Infeksi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM dr. Adityo Susilo, Sp.PD-KPTI. FINASIM mengatakan, jus jambu tidak dapat mengubah perjalanan penyakit DBD.

“Jus jambu, unfortunately, berdasarkan hasil penelitian-penelitian yang ada itu tidak dapat mengubah perjalanan penyakit,” kata Adityo dalam sebuah webinar kesehatan pada Kamis (30/6) seperti dilansir Antara.

Adityo menjelaskan, naik turunnya trombosit saat DBD merupakan proses yang terjadi secara alami sesuai perjalanan penyakitnya.

Akan tetapi, setidaknya, kata dia, saat pasien meminum jus jambu, dia telah berusaha memenuhi kebutuhan cairan. Pasalnya, pada penderita DBD, plasma darah yang mengandung air dan nutrisi akan bocor sehingga isinya keluar dari pembuluh darah ke jaringan lain.

“Dengan mau minum, paling tidak pasien memenuhi kebutuhan cairan. Jadi sangat-sangat dipersilakan untuk minum,” ujar Adityo.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: