alexametrics

Beda dari Cacar Biasa, Gejala Awal Cacar Monyet Muncul dalam 2 Hari

1 Juli 2022, 13:01:28 WIB

JawaPos.com – Cacar biasa pada umumnya berbeda dengan cacar monyet. Perbedaan terlihat dari gejalanya. Dilansir dari Scitech Daily, Jumat (1/7), Ahli Spesialis Menular di Afripox dr. Camille Besombes mengatakan monkeypox adalah virus milik genus Orthopoxvirus, keluarga yang juga termasuk cacar.

Seperti cacar, itu adalah virus DNA pada jaringan kulit. Cacar biasa bisa diberantas dengan vaksinasi massal di seluruh dunia, sedangkan cacar monyet dibawa oleh reservoir virus hewan. Dan terlepas dari namanya, reservoir alami ini sebenarnya bukan kera.

Istilah cacar monyet diciptakan ketika virus pertama kali diidentifikasi pada primata penangkaran (di Denmark pada tahun 1958). Sebetulnya virus ini paling sering ditemukan pada tupai dan hewan pengerat lainnya. Pada 1970, kasus manusia pertama cacar monyet didokumentasikan pada seorang anak berusia 9 bulan di Republik Demokratik Kongo, di tengah meningkatnya upaya dalam kampanye untuk memberantas cacar.

Beda Gejala dengan Cacar Biasa

Menurut dr. Camille Besombes, masa inkubasi biasanya berlangsung sekitar 6 hingga 13 hari, dan hingga 21 hari. Gejala awal muncul dalam 2 hari.

“Gejala awal muncul selama periode dua hari yang dikenal sebagai fase prodromal. Gejala-gejala ini mungkin termasuk demam tinggi, sakit kepala, hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: