alexametrics

Apel Ukuran Medium Kaya Serat dan Vitamin C Bagi Tubuh, Cek Faktanya

1 Juli 2022, 12:33:52 WIB

JawaPos.com – Salah satu buah yang kaya manfaat serat dan vitamin bagi tubuh adalah apel. Buah yang berwarna merah terang menyala dengan daging putih renyah ini memiliki kadar air sempurna dan rasa manis yang tepat.

Kebiasaan mengonsumsi buah apel salah satunya dilakukan di Selandia Baru. Tak hanya memiliki cita rasa yang lezat, apel juga tinggi antioksidan, serat, dan vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

“Selandia Baru dikenal sebagai negara yang menghasilkan buah-buahan terbaik di dunia. Tanah yang kaya nutrisi, udara bersih, air murni, dan sinar matahari yang berkecukupan adalah beberapa faktor yang membuat apel asal Selandia Baru sebagai salah satu yang terbaik di dunia,” kata Pingkan Mokalu dari Apel Dazzle™ kepada wartawan baru-baru ini.

Apel Ukuran Medium Bermanfaat Bagi Tubuh

Sejak pandemi Covid-19, salah satu makanan yang dianjurkan adalah buah-buahan yang kaya vitamin C, serat, dan antioksidan seperti apel. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, apel berukuran medium memiliki kandungan 4,4 gram serat dan 8,4 miligram vitamin C.

Keduanya mencukupi nilai harian serat dan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, apel juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berdasar banyak riset menyatakan dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Apel juga termasuk buah dengan kandungan serat tinggi yang mampu memperlambat pencernaan dan mencegah naiknya gula darah, sehingga cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang berencana menurunkan berat badan. Kandungan zat polifenol juga terbukti mengurangi risiko obesitas.

“Pernyataan, mengonsumsi apel setiap hari dapat menjauhkan kita dari dokter, dan berbagai riset yang dilakukan oleh pakar kesehatan membuktikan khasiat apel untuk kesehatan. Tak hanya manis, namun padat nutrisi,” tutup Pingkan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: