alexametrics

4 Gejala Ini Bisa Dialami Pasien Covid-19 yang Sudah Divaksinasi

1 Juni 2021, 11:30:31 WIB

JawaPos.com – Seseorang yang sudah divaksinasi tetap bisa terinfeksi Covid-19. Makanya, tetap patuh protokol kesehatan adalah hal wajib.

Memang, para ahli mengatakan jika seseorang terinfeksi Covid-19 gejalanya akan ringan. Sedikitnya, ada 4 gejala yang bisa dialami mereka yang sudah divaksinasi.

Gejala utama virus ini adalah suhu tinggi, batuk baru yang terus menerus dan kehilangan indra penciuman atau perasa. Itu jika belum divaksinasi. Tapi bagaimana dengan orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19?

Para peneliti mengungkapkan ada 4 gejala Covid-19 yang berbeda bagi mereka yang tertular virus setelah mereka divaksinasi. Para ilmuwan di King’s College London mengungkapkan seseorang yang sudah divaksinasi masih mungkin terinfeksi virus Korona, seperti laporan Birmingham Live.

Namun, peneliti memastikan jumlahnya sangat kecil. Mereka juga mengungkapkan tetap ada 4 gejala yang harus diwaspadai oleh mereka yang telah mendapatkan vaksinasi. Apa saja?

“Orang yang divaksinasi dengan Covid-19 masih melaporkan sesak napas yamg lebih ringan, sakit telinga, dan pembengkakan kelenjar yang serupa. Dan satu gejala menonjol yaitu bersin,” kata peneliti seperti dilansir dari Lancs Live, Selasa (1/6).

Peneliti mengungkapkan gejala itu terjadi pada 24 persen lebih pada orang di bawah 60 tahun setelah vaksinasi. Studi ini juga menemukan mereka yang telah divaksinasi cenderung tidak melaporkan gejala virus Korona.

Mereka yang diteliti hampir 70 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami demam dibandingkan mereka yang belum divaksinasi. Selain itu, 55 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kelelahan.

Penelitian tersebut mempelajari ribuan orang di Inggris menggunakan aplikasi ZOE Covid Symptom Study. Mereka yang mempelajari data menemukan hampir 2.400 orang telah melaporkan mereka tertular positif Covid-19 setelah dosis pertama vaksin dari 1,1 juta pengguna aplikasi atau 0,2 persen. Dari setengah juta orang yang diteliti yang menerima dua dosis, 187 (0,03 persen) dinyatakan positif beberapa minggu setelahnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads