alexametrics

Obesitas Picu Diabetes dan Hipertensi, Ukur Lingkar Pinggang Anda!

1 Mei 2022, 10:00:42 WIB

JawaPos.com – Saat tubuh kegemukan, siap-siap bakal dibayangi ancaman penyakit. Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan mengalami kondisi seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Menurut National Institute for Health and Care Excellence (NICE), untuk membatasi risiko kesehatan, pinggang orang dewasa harus berukuran kurang dari setengah tinggi badan mereka.
Mengukur indeks massa tubuh (BMI) juga dapat membantu.

Kegemukan jadi Ancaman Penyakit

Beberapa kelompok etnis Asia dan kulit hitam lebih rentan terhadap penumpukan lemak di sekitar pinggang, yang disebut ‘adipositas sentral’. Konsultan obesitas, diabetes, dan endokrinologi, Profesor Rachel Batterham, menjelaskan peningkatan lemak di perut meningkatkan risiko seseorang mengalami beberapa penyakit yang membatasi hidup termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Data NHS (Pusat Kesehatan Nasional Inggris) terbaru menyatakan bahwa ada peningkatan yang cukup besar pada obesitas anak di Inggris selama pandemi. Sebanyak 25 persen anak-anak digolongkan sebagai obesitas pada saat mereka lulus sekolah dasar.

“Anak kecil juga berisiko terkena dampak negatif lemak di sekitar pinggang,” kata
Konsultan dokter anak spesialis diabetes dan manajemen berat badan di Sheffield Children’s Hospital, dr. Nivedita Aswani seperti dilansir dari diabetes.co.uk, Minggu (1/5).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: