Minggu, 2 April 2023

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Pilot dan Penumpang Hilang

- Selasa, 7 Februari 2023 | 13:21 WIB
NAHAS: Susi Air PK BVM yang mengangkut 1 pilot dan 6 penumpang saat jatuh di Kampung Duma, Nduga, kemarin (23/6). (ANTARA)
NAHAS: Susi Air PK BVM yang mengangkut 1 pilot dan 6 penumpang saat jatuh di Kampung Duma, Nduga, kemarin (23/6). (ANTARA)

JawaPos.com - Pilot Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY beserta penumpangnya sampai saat ini belum ditemukan. Petugas hanya menemukan pesawat dalam keadaan terbakar.

"Susi Air terus berupaya mencari keberadaan pilot dan penumpang lainnya karena hingga saat ini belum bisa dihubungi," kata Representatives Susi Air, Donal Fariz dalam keterangan tertulis, Selasa (7/2).

Donal mengatakan, pesawat menbawa 5 penumpang dalam penerbangan tersebut. Selain itu, ada muatan barang seberat 452 kilogram.

"Kami berharap otoritas berwenang bisa bergerak cepat untuk menemukan pilot dan penumpang," jelasnya.

Sebelumnya, pihak Susi Air angkat suara mengenai salah satu unit pesawatnya yang ditemukan terbakar di Papua. Maskapai menduga kiat jika pesawat sengaja dibakar oleh pihak tertentu.

Representatives Susi Air, Donal Fariz mengatakan, pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY dilaporkan hilang kontak di Bandara Paro pada Selasa (7/2) sekitar pukul 06.17 WIT. Pesawat seharusnya melaksanakan penerbangan dengan rute Timika - Paro - Timika.

Pesawat tersebut membawa 5 penumpang dan barang bawaan dengan total muatan 452 kilogram. Dua jam kemudian Susi Air mendapati ELT pesawat dalam posisi aktif pukul 09.12 WIT.

"Perusahaan kemudian menjalankan kondisi emergency di internal perusahaan dengan mengirimkan pesawat lain mengecek posisi Pesawat dan kemudian ditemukan dalam kondisi terbakar di runway," kata Donal.

Donal menuturkan, maskapai menduga terbakarnya pesawat bukan karena gangguan teknis. Pasalnya, pesawat mendarat dan parkir dengan aman di lintasan.

Editor: Dimas Ryandi

Tags

Terkini

Mafia Umrah Harus Dihukum Berat

Sabtu, 1 April 2023 | 17:58 WIB

Haris Azhar dan Fatia Siap Jalani Persidangan

Sabtu, 1 April 2023 | 17:14 WIB

JPPI Dorong Kejaksaan Usut Tuntas Korupsi di Unud

Jumat, 31 Maret 2023 | 19:18 WIB

4 Fakta Tuntutan Hukuman Mati Irjen Teddy Minahasa

Jumat, 31 Maret 2023 | 13:08 WIB
X