alexametrics

Madrasah di Daerah Pinggiran Penuh Memprihatinkan

31 Desember 2016, 03:30:00 WIB

JawaPos.com BANDA ACEH – Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Kausar Babo di Kecamatan Bandar Pustaka, Kabupaten Aceh Tamiang kondisinya sungguh memprihatinkan.

Berada jauh dari pusat kota, sekolah ini berdiri kokoh menampung siswanya belajar kendati bangunannya jauh dari kata representatif. Saat didatangi dinding bangunan madrasah itu terbuat dari anyaman bambu. Lantai dari tanah dan beratap seng.

“Kita mendapatkan kabar Madrasah Ibtidaiyah Al Kausar Babo dengan kondisi yang memprihatikan,” kata Ketua PGRI Aceh, Ramli Rasyid kepada Rakyat Aceh (Jawa Pos Group) bersama PGRI Aceh.

Atas kondisi ini, Ramli berharap pemerintah di daerah bisa menelusuri keberadaan madrasah di daerah pinggiran dan meminta tidak mendiamkan kondisi tersebut.

“Mungkin ini salah satu contoh, barang kali masih ada sekolah umum kondisinya sama tapi belum kita ketahui,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi memprihatinkan karena bangunan sekolah ini berada jauh dari jangkauan pejabat publik dan pemerintah daerah.

Padahal sejatinya Sekolah/Madrasah kondisinya harus sama. Meski di pinggiran juga harus mendapat perhatian lebih. Artinya tidak boleh ada perbedaan.

“Gedung sekolah yang memadai, sebagai salah satu daya dorong untuk meningkatkan mutu pendidikan,” jelasnya.

Ramli berharap bangunan sekolah ini dapat direnovasi oleh pemerintah daerah. Jikapun kondisinya tidak mewah, setidaknya anak didik mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak di negeri sendiri.

Terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Aceh, Muntasyir, mengakui kondisi Madrasah Ibtidaiyah Al Kausar Babo itu sangat memprihatinkan.

Akan tetapi, kata Muntasyir, yang lebih tahu kondisi Madrasah tersebut pemerintah Daerah dan Kantor kemenag Aceh Tamiang. Menurutnya, perbaikan bangunan madrasah itu berdasarkan sikap pemerintah dan anggaran yang dimiliki. (adi/rif/iil/JPG)

Editor : Ilham Safutra


Close Ads
Madrasah di Daerah Pinggiran Penuh Memprihatinkan