alexametrics

Lebih 350.000 Dosis Vaksin Pfizer Langsung Dikirim ke Jateng

31 Oktober 2021, 20:34:05 WIB

JawaPos.com–Sebanyak 358.020 dosis vaksin Pfizer yang diterima Indonesia hari ini (31/10), langsung dikirim dan didaratkan di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah.

Pemerintah terus berupaya keras mengamankan stok vaksin dan mempercepat distribusi ke seluruh Indonesia. Termasuk distribusi yang dikirim langsung ke provinsi untuk memperpendek rantai distribusi, mempercepat akses serta pemerataan berbagai jenis/merek vaksin bagi seluruh masyarakat.

”Percepatan dan perluasan program vaksinasi mutlak mesti dilakukan di semua daerah. Karena itu, dibutuhkan ketersediaan stok vaksin di daerah-daerah,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komuniksi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong seperti dilansir dari Antara, Minggu (31/10).

Usman mengatakan, peningkatan capaian vaksinasi di daerah-daerah menjadi elemen penting untuk membangun herd immunity atau kekebalan kelompok di Tanah Air. Untuk itu, pemerintah terus mengoptimalkan percepatan penyebarluasan vaksin ke seluruh daerah di Indonesia, sehingga bisa menyentuh sampai masyarakat terpencil dan terluar.

Meski demikian, lanjut Usman, keberhasilan vaksinasi membutuhkan partisipasi masyarakat. Pemerintah tidak bosan mengajak seluruh masyarakat segera divaksinasi, tidak perlu pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin aman dan berkhasiat.

Pemerintah juga terus mendorong pemerintah daerah, terutama yang capaian vaksinasinya masih rendah, untuk melakukan percepatan dan perluasan program vaksinasi. Terutama untuk kelompok masyarakat rentan seperti kelompok lansia.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: