JawaPos Radar

Molindo Resmi Melantai di BEI

31/08/2018, 13:39 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Molindo
BURSA EFEK: Direktur Utama PT Madusari Murni Indah Tbk, Arief Goenadibrata (tengah) saat peresmian di Bursa Efek Indonedia (BEI). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - PT Madusari Murni Indah atau Molindo Incorporated resmi melantai di Bursa Efek Indonedia (BEI). Perusahaan ethanol itu tercatat sebagai emiten ke-34 di BEI pada 2018. Harga saham perdana dibanderol Rp 580 per lembar.

Perusahaan yang didirikan di Malang pada 1965 itu melepas sebanyak 351 juta lembar saham. Jumlah itu sekitar 15,03 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Pada masa penawaran umum yang berlangsung tanggal 27 Agustus lalu, terjadi oversubscribe sebanyak 221,53 kali dari porsi penjatahan terpusat (Pooling) saham yang ditawarkan kepada masyarakat.

“Dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan disalurkan perseroan untuk 94,45 persen kepada entitas anak guna meningkatkan kapasitas produksi entitas anak," ujar Direktur Utama PT Madusari Murni Indah Tbk Arief Goenadibrata, Jumat (31/8).

Dana juga digunakan untuk membangun pabrik serta membeli beberapa mesin baru. "Sedangkan sisanya akan disalurkan kepada entitas anak untuk pembangunan fasilitas distribusi berupa gudang di daerah Jawa Timur”, ungkap Arief.

Perusahaan berharap momentum IPO akan menjadi langkah awal dalam meningkatkan kinerja. "Dengan dicatatkannya saham PT Madusari Murni Indah di BEI, maka manajemen perseroan akan terus berupaya meningkatkan Tata Kelola Perusahaan (GCG) dengan baik," tuturnya.

Sebagai informasi, PT Madusari Murni Indah atau Molindo Incorporated, merupakan perusahaan holding yang menaungi PT Molindo Raya Industrial sebagai pabrik Ethanol, PT Molindo Inti Gas sebagai pabrik CO2 dan PT Sumber Kita Indah sebagai perusahaan trading dan distribusi.

Group perusahaan itu kemudian berkembang dan melahirkan PT Molindo Raya Industrial sebagai pabrik produsen ethanol. Kapasitas produksinya 80.000 KL per tahun. PT Molindo Inti Gas juga menghasilkan gas CO2 dengan kapasitas produksi 15.360 ton per tahun.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up