alexametrics

Begal Merajalela di Bandung, Iwan Bule: Polisi Harus Maksimal

31 Agustus 2018, 18:17:08 WIB

JawaPos.com – Bandung menjadi salah satu kota yang dianggap rawan begal. Hal itu dikarenakan, dalam sepekan lebih dari lima kasus pembegalan terjadi di Jalan Kota Bandung. 

Terakhir, kejahatan jalanan itu menyebabkan tewasnya korban. Ini pun menjadi sorotan semua pihak, begitupun Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mochmad Iriawan. Mantan Kapolda Jabar itu turut prihatin atas kejadian tersebut.

“Anggota Kepolisian harus maksimal terhadap penanganan begal di Bandung ini. Harus diidentifikasi dan harusnya tidak boleh terjadi di Kota Kembang (Bandung),” katanya di Gedung Sate Bandung, Jumat (31/8).

Seringnya kasus begal di Bandung membuat masyarakat Bandung resah dan waspada. Namun, laki-laki yang akrab disapa Iwan Bule ini, tak berkomentar saat ditanyai apa perlunya tindakan tegas seperti tembak di tempat.

Hal itu, pernah diberlakukan ketika dirinya menjabat Kapolda Jabar beberapa tahun lalu. Ia hanya mengatakan, itu adalah hak dan wewenang daripada Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto.

“Tanyanya ke Kapolda ya, kan Kapoldanya bukan saya. Beliau pasti punya langkah-langkah serupa tapi tidak sama,” ujar Iwan Bule.

Untuk diketahui, Mantan Kapolda Jabar ini pernah mengintruksikan untuk tembak di tempat para pelaku kejahatan. Namun hingga saat ini intruksi tersebut belum terdengar lagi di Jabar. Dalam hal ini Iwan Bule sepenuhnya melimpahkan urusan keamanan kepada pihak kepolisian.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (ona/JPC)

Begal Merajalela di Bandung, Iwan Bule: Polisi Harus Maksimal