JawaPos Radar

Langgar Ganjil Genap, Dapat Sanksi Denda Hingga Penjara 2 Bulan

31/07/2018, 16:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Langgar Ganjil Genap, Dapat Sanksi Denda Hingga Penjara 2 Bulan
Ilustrasi polisi merazia pengguna kendaraan yang melintas di sistem ganjil genap. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf memastikan pihaknya akan melaksanakan penindakan terhadap para pelanggar perluasan ganjil genap menjelang Asian Games 2018 mulai esok hari, Rabu (1/8). Sanksi penilangan berupa sanksi hingga kurungan akan diterapkan.

“Mulai 1 Agustus kita laksanakan penindakan. Sanksi kita tilang, denda Rp 500 ribu atau kurungan dua bulan. Pasal 283,” ujarnya di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/7).

Nantinya, pengalihan arus ke jalur alternatif akan dioptimalkan. Jika masih ada mobil yang melanggar di jalur ganjil genap, maka Kepolisian akan langsung mengeluarkannya menuju alternatif tersebut.

“Kalau ada mobil yang lewati jalur itu, kemudian tidak sesuai plat nomornya, mereka akan keluar dari situ sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Pengalihan arusnya sudah dibuat,” jelas dia.

Menurut Yusuf, sanksi sudah dapat diterapkan lantaran peraturan gubernur (Pergub) yang mengatur sistem ganjil genap sudah ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Infonya (Pergub) dikeluarkan hari ini. Tadi Dinas Perhubungan bilang,” katanya.

Dia mengatakan, sosialisasi kebijakan tersebut sudah cukup dilakukan selama sebulan ini. Hingga minggu ketiga uji coba, pelanggar sudah semakin berkurang.

“Pada minggu pertama banyak yang belum tahu. Mobil masih banyak yang masuk. Minggu kedua smakin berkurang, minggu ketiga sudah mulai berkurang. Semakin ke sini semakin berkurang,” terang Yusuf.

Namun begitu, beberapa kendaraan masih ada yang melanggar. Dia meyakini, para pelanggar tersebut berasal dari luar ibu kota.

“Masih ada satu atau dua (yang melanggar ganjil genap), mungkin dari luar kota. Masyarakat Jakarta sendiri rata-rata sudah tahu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, ganjil genap secara resmi diberlakukan mulai Rabu (1/8) hingga selama Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018 berlangsung. Pelaksanaannya yakni Senin-Minggu pukul 06.00-21.00 WIB. Artinya, sistem yang bertujuan mengurangi volume kendaraan pribadi itu akan berlaku selama 15 jam setiap hari.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up