alexametrics

885 Bacaleg di Sulsel Terancam Dicoret

31 Juli 2018, 13:14:28 WIB

JawaPos.com – Ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) belum memenuhi syarat. Mereka mendapatkan waktu untuk perbaikan administrasi sebelum ditetapkan sebagai daftar calon sementara (DCS).

Total ada 1.235 bacaleg yang mendaftar ke KPU Sulsel. 885 calon di antaranya belum memenuhi syarat. KPU memberikan batas waktu perbaikan berkas hingga Selasa (31/7) ini pukul 24.00 WITA.

Kasubag Teknis KPU Sulsel Muhammad Asri menegaskan, bacaleg akan dicoret jika tidak dapat melakukan perbaikan adminstrasi hingga batas waktu yang ditetapkan.

“Kalau tidak memenuhi syarat, ya tidak bisa digantikan. Otomatis tidak masukkan ke DCS,” ujar Asri di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Petterani, Kota Makassar, Selasa (31/7).

Beberapa permasalahan bacaleg yang terjadi dalam proses pendaftaran adalah soal ijazah, surat keterangan catata kepolisian (SKCK), dan surat keterangan narkoba. “Tetapi rata-rata soal ijazah dan SKCK. Berkas mereka ada belum lengkap dan belum teregalisir,” ucap Asri.

Setelah masuk DCS, nantinya bacaleg diumumkan KPU setempat. Pergantian dalam DCS hanya mungkin terjadi jika yang bersangkutan meninggal dunia atau mengundurkan diri, serta adanya laporan dari masyarakat. “Untuk hari terakhir bisa diwakilkan Liason Officer dan melakukan konsultasi dengan kami,” jelasnya.

Berikut bacaleg yang belum memenusi syarat administrasi:

PKB: 67 orang
Gerindra: 72 orang
PDIP: 44 orang
Golkar: 25 orang
Nasdem: 62 orang
Garuda: 56 orang
Parrai Berkarya: 64 orang
PKS: 70 orang
Perindo: 53 orang
PPP: 62 orang
PSI: 85 orang
PAN: 58 orang
Hanura: 50 orang
Partai Demokrat: 78 orang
PBB: 33 orang
PKPI: 5 orang.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rul/JPC)

885 Bacaleg di Sulsel Terancam Dicoret