alexametrics

Nakhoda KM Ladang Pertiwi Kisahkan Kronologi Tenggelamnya Kapal

31 Mei 2022, 18:30:08 WIB

JawaPos.com–Nakhoda KM Ladang Pertiwi 2 Supriadi menceritakan kronologis kejadian detik-detik kapal kayu yang dikendalikannya berada di laut lepas dihempas ombak tinggi karena cuaca buruk, hujan deras, disertai petir di Selat Makassar.

”Kami berangkat dari Makassar (Pelabuhan Paotere) menuju ke Pamantauang. Rabu (25/5) cuaca teduh dan laut tenang sampai di Butung-butungan, dilewati Kalukuang,” tutur Supriadi seperti dilansir dari Antara di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (31/5).

Namun selang beberapa lama, saat mendekati Pulau Pamantauan, cuaca mulai berubah drastis. Angin keras mulai menerpa kapalnya sehingga oleng bahkan mesin kapal langsung mati.

”Waktu itu sekitar delapan mil dari Pemantauan, baru kencang angin, tiba-tiba mati mesin. Kompa (pengisap) mati, jadi tidak bisa hidup. Baku lawan (tabrakan) ombak di sampingnya (kapal),” beber Supriadi, pria 40 tahun itu.

Ketika kapalnya mulai oleng dihantam ombak dan tidak stabil, dia memerintahkan Anak Buah Kapal (ABK) bersama penumpang kapal segera bergegas mengambil peralatan penyelamatan.

”Saat kapal mau tenggelam, saya berteriak ke ABK dan penumpang, kasih sedia alat pelampung, gabus, dan tripleks,” ucap Supriadi mengenang kejadian itu.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: