alexametrics

Volume Kendaraan di Jalintim Sumatera Meningkat 25 Persen

31 Mei 2019, 15:36:37 WIB

JawaPos.com – Arus mudik ke Sumatera semakin padat. Volume kendaraan makin bertambah menjelang hari raya Idul Fitri.

Sebagaimana yang terpantau di jalur Lintas Timur (Jalintim) Kabupaten Pelalawan, Riau. Ruas jalan itu makin ramai dilalui kendaraan angkutan umum seperti Bus, mobil pribadi, serta kendaraan roda dua.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan menuturkan, berdasar pantauan di beberapa pos pengamanan jalur mudik operasi Ketupat Muara Takus 2019 yang tersebar di beberapa titik, terdapat peningkatan sekitar -25 persen jumlah kendaraan yang melintas. Kendaraan itu umumnya melintas di sepanjang jalur Lintas Timur kabupaten Pelalawan.

Meski ada peningkatan pengguna jalan, namun lalu lintas relatif lancar dan tidak ada titik macet. “Tidak adanya titik macet ini karena sejumlah personel dikerahkan di titik jalan yang selama ini dianggap macet,” ungkap AKBP Kaswandi Irwan sebagaimana dikutip dari Riau Pos (Jawa Pos Group), Jumat (31/5).

Kaswandi menyebut, ada beberapa ruas di sepanjang jalan Lintas Timur perlu diwaspadai sebagai titik rawan kecelakaan. Di antaranya di KM 54-55 Desa Kiyap Jaya kecamatan Bandar Seikijang, KM 199-120 Desa Pesaguan Kecamatan Bandar Petalangan.

Mengantisipasi adanya potensi kecelakaan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah antisipasi. Yakninya dengan memasang spanduk imbauan dan peringatan di titik rawan di sepanjang Jalintim tersebut.

“Untuk memudahkan dan memberikan informasi kepada pengguna jalan, maka kami telah memasang sejumlah spanduk dan baliho di sepanjang Lintas timur. Baliho dan spanduk ini berisikan panduan perjalanan, rambu-rambu bahaya dan juga imbauan kepada pemudik kiranya dapat melakukan mudik dengan baik serta sampai ke tujuan,” terangnya.

Kapolres Pelalawan ini berharap para pengguna jalan yang mudik dapat mengendarai kendaraan lebih hati-hati. Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi jalan dan kondisi perjalanan arus mudik nantinya secara terperinci, dipersilakan mengunjungi Pos Pam dan Pos Yan lebaran,” ujarnya seraya menyebutkan saat ini jalan lintas timur kabupaten Pelalawan dalam kondisi mulus dan aman untuk dilalui para pemudik.

Kasatlantas Polres Pelalawan AKP Anindhita Rizal menambahkan, kendaraan yang berasal dari arah Indragiri Hulu (Inhu) menuju Pekanbaru, mengalami peningkatan sebesar 15 persen. Begitu juga sebaliknya dari arah Pekanbaru menuju Wilayah Inhu mangalami peningkatan sebesar 25 persen dari hari biasa.

Editor : Ilham Safutra

Alur Cerita Berita

Lihat Semua