alexametrics

H-5 Lebaran, Terminal Kalideres Mulai Padat

31 Mei 2019, 16:52:52 WIB

JawaPos.com – Lima hari menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat yang melayani penumpang antarkota antarprovinsi (AKAP) terpantau ramai cenderung padat pemudik. Berdasarkan catatan dari Pos Pantau Terminal Kalideres, hingga hari ini, Jumat (31/5) atau H-5 Lebaran, sebanyak 7.900 lebih pemudik telah diberangkatkan menuju tujuan masing-masing.

Pantauan JawaPos.com di lapangan, kepadatan penumpang telah tampak sejak pintu masuk terminal. Petugas yang berjaga bahkan sampai melarang kendaraan pengantar baik motor ataupun mobil masuk kedalam area terminal lantaran saking padatnya bus yang terparkir yang akan melayani penumpang. Diketahui, area parkir umum padahal disediakan di dalam area terminal.

Masuk lebih dalam, kepadatan kian terasa di area keberangkatan bus AKAP. Tampak dalam gambar, aktivitas pembelian tiket masih dilayani oleh berbagai penyedia jasa otobus di loket masing-masing. Penumpang pun tampak menumpuk di area ini dengan kebanyakan dari mereka menunggu di belakang atau dekat bus, bukan di ruang tunggu.

Kepadatan pemudik di Terminal Kalideres. (RianAlfianto/JawaPos.com).

Kendati tampak kepadatan, Rizki, 19, pemudik asal Cilacap, Jawa Tengah menyebut, kepadatan tahun ini di periode yang sama jika dibandingkan dengan tahun lalu masih mending tahun ini. “Ini mendingan mas, tahun lalu kita mesti keluar, naik bus-nya dari luar,” jelasnya ketika dijumpai JawaPos.com.

Bicara kenyamanan, penumpukan penumpang dan kendaraan di Terminal Kalideres dirasanya sudah biasa. “Sudah biasa mas. Mau gimana lagi, nyaman nggak nyaman sih mas,” bebernya.

Urusan tarif, Irfan, 20, pemudik yang sama dengan tujuan Cilacap mengatakan bahwa mudik tahun ini lebih mahal. “Kita naik bus Sinar Jaya, tarifnya Rp 215 ribu. Tahun lalu Rp 140 ribu saja. Lebih mahal, lumayan terasa,” kisahnya. Dirinya melanjutkan, apapun dilakukan asal bisa sampai ke kampung halaman. “Mahal nggak apa-apa mas, yang penting pulang kampung, kumpul keluarga,” tegasnya.

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen. (RianAlfianto/JawaPos.com).

Masih di lokasi yang sama, Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen memprediksi, kepadatan siang hingga sore ini masih akan berlanjut hingga malam hari. “Sore sampai malam masih akan berlanjut ini (kepadatannya),” jelas Revi di kantornya saat dijumpai JawaPos.com.

Menyinggung soal kenyamanan pemudik yang menumpuk di area loket dan parkir bus, Revi mengamini keterbatasan Terminal Kalideres. “Kita luasnya saja nggak sampai sepertiga Terminal Kampung Rambutan. Mau gimana lagi,” terangnya.

Meski begitu, dirinya mengaku tetap berusaha maksimal demi kenyamanan pemudik. “Ini kita buat tenda-tenda darurat untuk ruang tunggu pemudik. Fasilitas lain seperti pos kesehatan, musolah juga kita tambah. Meski terbatas, kita tetap maksimalkan buat pemudik,” tukasnya.

Sebagai informasi, sampai dengan pukul 13.00 hari ini, Jumat (31/5), seperti sudah disinggung di atas, total pemudik yang berangkat sudah mencapai 7.948 penumpang. Data tersebut dirangkum sejak H-7 Lebaran Rabu (29/5). Terminal Kalideres sendiri melayani keberangkatan penumpang ke berbagai tujuan seperti, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Pulau Sumatera hingga Pulau Bali.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads